Pengawasan Terhadap Penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan (Studi Dalam Perspektif Pasal 64 Yo Pasal 69 Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Di Bogor Selatan),

Brahmansyah, - (2013) Pengawasan Terhadap Penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan (Studi Dalam Perspektif Pasal 64 Yo Pasal 69 Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Di Bogor Selatan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan kendaraan baru roda dua maupun roda empat di Bogor Selatan semakin lama semakin meningkat, seiiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat Bogor Selatan, didalam proses meningkatnya pertumbuhan ekonomi tersebut, masyarakat Bogor Selatan membutuhkan alat transportasi guna mendukung laju roda ekonomi maupun kebutuhan akan transportasi baik untuk Pribadi, Keluarga maupun untuk Bisnis, namun semakin banyaknya masyarakat Bogor Selatan yang membeli kendaraan baru, maka semakin meningkat pula lah permintaan akan Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK), karena pada dasarnya kendaraan baru tersebut tidak langsung memiliki Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK Diwajibkannya pemilik kendaraan baru untuk mendaftarkan kendaraan barunya tersebut tertulis pada Pasal 64 dan Pasal 69 Undang-undang No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, dimana STCK itu sendiri berfungsi untuk melegalkan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda dua baru yang belum memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang bersifat sementara untuk dipergunakan di jalan raya, namun pemberlakuan STCK tersebut tentunya memerlukan pengawasan dan perhatian serius dari Kepolisian Republik Indonesia, khususnya Polisi Sektor Bogor Selatan yang bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lalu lintas di Wilayah Bogor Selatan, guna menghindari penyalahgunaan Plat Putih dan untuk menghindari kepadatan atau kemacetan lalu lintas demi menciptakan keamanan dan kenyamanan dalam berlalu lintas. Rumusan masalah pada skripsi ini : 1. Bagaimanakah pengawasan yang dilakukan unit lantas polsek bogor selatan terhadap penggunaan Surat Tanda Coba Kendaraan sesuai dengan ketentuan pasal 64 yo 69 Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkatan jalan di Bogor Selatan? 2. Adakah hambatan yang dihadapi Unit lantas Polsek Bogor Selatan dalam mengawasi penggunaan Surat tanda Coba Kendaraan Di Bogor Selatan dan bagaimana upayanya menghadapi hambatan tersebut? Metode pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan Yuridis Sosiologis, yaitu mengkaji dari segi hukum normative yaitu mengkaji pasal 64 yo 69 No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas mengenai kewajiban pendaftaran kendaraan bermotor yang terkait dengan penggunaan surat tanda coba kendaraan (STCK) dan teknik yang digunakan dalam penelitiannya adalah Deskriptif Analisis, yaitu penguaraian data-data yang diperoleh dalam suatu gambaran sistematis yang didasarkan pada teori dan pengertian hukum yang terdapat dalam ilmu hukum atau pendapat para pakar untuk mendapatkan kesimpulan yang signifikan dan ilmiah. Kemudian dituangkan dalam bentuk pembahasan, dimana data yang ada dibandingkan antara satu dengan yang lainnya dalam analisa data,.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/194/051308668
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2013 12:41
Last Modified: 14 Apr 2022 00:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111554
[thumbnail of 051308668.pdf]
Preview
Text
051308668.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item