Upaya Badan Narkotika Nasional Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Variasi Tanaman & Zat Yang Mengandung Efek Narkotika (Studi Kasus Di Kantor Badan Narkotika Nasional Kota Malang)

Leksana, Indra (2013) Upaya Badan Narkotika Nasional Dalam Menanggulangi Penyalahgunaan Variasi Tanaman & Zat Yang Mengandung Efek Narkotika (Studi Kasus Di Kantor Badan Narkotika Nasional Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas tentang upaya Badan Narkotika Nasional dalam menanggulangi penyalahgunaan variasi tanaman dan zat yang mengandung efek narkotika. Hal ini dilatarbelakangi bahwa di dunia telah ditemukan 2501 jenis tanaman baru yang mengandung efek narkotika dan di Indonesia khususnya kota Malang juga berpotensi dengan berkembangnya variasi tanaman dan zat baru yang mengandung efek narkotika. Tujuan penulisan ini bagi mahasiswa yaitu sebagai referensi dan mempelajari tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Kemudian bagi lembaga BNN Kota Malang dapat digunakan sebagai referensi dan rujukan dalam menangani permasalahan hukum, yang terkait dengan upaya bagaimana cara menanggulangi penyalahgunaan variasi tanaman dan zat yang mengandung efek narkotika. Dalam rangka mengetahui upaya BNN dalam menanggulangi penyalahgunaan variasi tanaman dan zat yang mengandung efek narkotika, maka metode yang digunakan adalah yuridis kriminologis, pendekatan yuridis kriminologisdalamskripsiinidimaksudkan agar dapatmengkaji dan menerapkan ketentuan-ketentuan hukum pada peraturan perundang-undangan yang berlaku kedalam fakta yang terjadi. Berdasarkan hasil penelitian dalam melakukan upaya penanggulangan oleh BNN Kota Malang terdapat dua upaya yaitu upaya preventif (pencegahan) dan upaya represif (penindakan) serta juga kendala yang dialami BNN Kota malang dalam upaya menanggulangi penyalahgunaan narkotika. Saran yang diberikan dalam penulisan ini adalah memberikan pelajaran pendidikan anti narkoba yang diwajibkan mulai tingkat SD demi bangsa ini bebas dari narkoba.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/179/051308295
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2013 10:06
Last Modified: 13 Apr 2022 04:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111539
[thumbnail of 051308295.pdf]
Preview
Text
051308295.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item