Pelaksanaan Pembebanan Hak Tanggungan Atas Tanah Berdasarkan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan Dalam Rangka Perjanjian Kredit Bank (Studi Di Kantor Notaris-Ppat Sumendro, S.H., Sleman, Diy),

Maghfirah, - (2013) Pelaksanaan Pembebanan Hak Tanggungan Atas Tanah Berdasarkan Surat Kuasa Membebankan Hak Tanggungan Dalam Rangka Perjanjian Kredit Bank (Studi Di Kantor Notaris-Ppat Sumendro, S.H., Sleman, Diy),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis membahas tentang pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan atas tanah berdasarkan SKMHT dalam rangka perjanjian kredit Bank. Adapun latar belakang dari judul tersebut yaitu mengingat akan kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi terhadap salah satu fasilitas yang disediakan bank seperti kredit. Dengan demikian peran Notaris-PPAT dalam hal ini juga sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah perjanjian kredit antara Bank (kreditur) dan Nasabah (debitur) demi terciptanya kepastian hukum. Selain itu pun ada juga pihak yang tak kalah pentingnya harus terkait dalam pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan ini yaitu kantor pertanahan yang dalam hal ini adalah kantor Badan Pertanahan Nasional Sleman. Berdasarkan uraian dalam latar belakang di atas, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimana pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan atas tanah berdasarkan SKMHT dalam rangka perjanjian kredit bank di kantor Notaris-PPAT Sumendro, S.H., Sleman, DIY ? (2) Apa yang menjadi faktor penghambat serta solusi yang digunakan oleh Notaris-PPAT dalam pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan atas tanah berdasarkan SKMHT dalam rangka perjanjian kredit bank di kantor Notaris-PPAT Sumendro, S.H., Sleman, DIY ? Kemudian penulisan karya ilmiah hukum ini menggunakan metode yuridis empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis dan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh penulis selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu teknik analisis data dengan menggambarkan dan menguraikan pelaksanaan, faktor penghambat serta solusi yang digunakan Notaris-PPAT Sumendro, SH di Sleman, DIY. Hasil penelitian dengan menggunakan metode di atas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa dalam pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan atas tanah berdasarkan SKMHT dalam rangka perjanjian kredit Bank di kantor Notaris-PPAT Sumendro, SH., Sleman, DIY tersebut sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, namun belum dapat dikatakan ideal, karena masih terdapat hal-hal yang menghambat berjalannya pelaksanaan tersebut. Di samping itu, adapula solusi yang dapat digunakan oleh Notaris-PPAT Sumendro, SH untuk mengatasi segala faktor-faktor penghambat tersebut demi kelancaran pelaksanaan pembebanan Hak Tanggungan atas tanah berdasarkan SKMHT dalam rangka perjanjian kredit Bank di kantor Notaris- PPAT Sumendro, SH., Sleman, DIY.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/176/051308292
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Sep 2013 10:22
Last Modified: 13 Apr 2022 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111536
[thumbnail of 051308292.PDF]
Preview
Other
051308292.PDF

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item