Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Penjara Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Studi di Pengadilan Sidoarjo),

Ramadhani, SuciKurnia (2013) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Sanksi Pidana Penjara Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian Dengan Kekerasan (Studi di Pengadilan Sidoarjo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara bagi para pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Hal ini dilatar belakangi karena dalam melakukan tugas dan wewenangnya, hakim mempunyai pertimbangan sendiri dalam menjatuhkan putusan yang berupa sanksi pidana penjara meskipun para terdakwa didakwakan pasal yang sama, yaitu Pasal 365 KUHP.Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah : (1) Apa yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (2) Apa kendala internal dan eksternal yang dihadapi oleh hakim dan upaya penanggulangan hakim dalam memutus pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data pada penelitian ini berupa sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancarra hakim di Pengadilan Negeri Sidoarjo, sedangkan sumber data sekunder diperoleh dengan cara studi literature, undang-undang dan lain-lain. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dalam putusan hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo terhadap para pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan, jenis sanksi pidana yang dijatuhkan oleh hakim adalah pidana penjara. Bobot sanksi pidana penjara yang di jatuhkan kepada para pelaku tindak pidana hanya untuk memenuhi rasa keadilan bagi para pelaku tindak pidana. Dasar pertimbangan hakim Pengadilan Negeri Sidoarjo dalam putusannya terhadap perkara tindak pidana pencurian dengan kekerasan di dasarkan pada fakta-fakkta yang diperoleh melalui keterangan saksi-saksi dan barang bukti yang berkaitan dengan tindak pidana pencurian dengan kekerasan. Dasar pertimbangan hakim dalam putusan lebih terfokus pada pembuktian perbuatan terdakwa dan keadaan dari terdakwa. Kendala serta upaya yang dihadapi oleh hakim ada 2 yaitu internal dan eksternal. Hakim sebagai aparat penegak hukum harus mengusahakan tegaknya hukum dan keadilan. Dalam menjatuhkan sanksi pidana penjara terhadap para pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan berdasarkan pertimbanganpertimbangan hakim sesuai fakta-fakta yang ada di dalam persidangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/174/051308667
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Sep 2013 12:32
Last Modified: 13 Apr 2022 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111534
[thumbnail of 051308667.pdf]
Preview
Text
051308667.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item