Optimalisasi Penertiban Izin Pendirian Bangunan Menara Telekomunikasi Seluler Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 23 Tahun2007 Tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi

Sasongko, RadityoAryo and Agus Yulianto,, SH., M.H. and Dr.Shinta Hadiyantina,, SH., M.H., (2013) Optimalisasi Penertiban Izin Pendirian Bangunan Menara Telekomunikasi Seluler Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 23 Tahun2007 Tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk memenuhi sebagian syarat-syarat dalam memperoleh gelar kesarjanaan dalam ilmu hukum penulis menulis skripsi dengan judul . Optimalisasi Penertiban Izin Pendirian Bangunan Menara Telekomunikasi Seluler Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi. Hal ini dilatar elakangi dengan banyaknya pelanggaran izin pendirian menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Sidoarjo. Pemerintah sebagai aparat yang mempunyai wewenang dalam menertibkan pelanggaran pendirian izin menara telekomunikasi, hampir setiap hari menertibkan tower yang terpasang dan tidak sesuai dengan syarat-syarat seperti yang termaktub dalam Peraturan Daerah Nomor 23 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Menara Telekomunikasi. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang dilakukan adalah yuridis sosiologis yaitu melakukan penelitian langsung ke Instansi-instansi yang bersangkutan dengan masalah menara telekomunikasi terutama di Badan Pelayanan Perijinan Terpadu untuk mencari dan menggali data. Data diperoleh dari lapangan berupa wawancara dan dokumentasi hukum, serta data kepustakaan, maka penulis selanjutnya menganalisa data tersebut secara deskriptif analitis yaitu data-data yang telah diproses akan dianalisa dan digambarkan sedemikian rupa sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya optimalisasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam optimalisasi upaya penertiban izin pendirian bangunan menara telekomunikasi di Kabupaten Sidoarjo adalah: (1) Pembentukan tim untuk mengorganisasi pendirian tower di Kabupaten Sidoarjo; (2) Menerapkan sanksi administratif tegas terhadap pelanggaran pemasangan tower di Kabupaten Sidoarjo;dan (3) Upaya represif dengan secara berkala memeriksa dan membongkar tower yangtelah melanggar ketentuan pemasangan tower. Hambatan yang dialami oleh Pemeritah dalam optimalisasi upaya penertiban izin pendirian tower di Kabupaten Sidoarjo terdiri atas hambatan internal dan hambatan eksternal. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan internal berupa kurangnya tenaga operasional, pihak Dinas Perijinan Kabupaten Kabupaten berupaya menambah tenaga dengan memanfaatkan bantuan dari Instansi lain yang memiliki kelebihan tenaga untuk membantu pelaksanaan penertiban izin pendirian tower. Sedang untuk mengatasi hamb atan eksternal, pihak Dinas Perijinan dengan dibantu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan sosialisasi terhadap pentingnya ketertiban pemasangan tower.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/155/051307318
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Aug 2013 15:23
Last Modified: 13 Apr 2022 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111514
[thumbnail of ABTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_BARU.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_BARU.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_new_1.pdf]
Preview
Text
cover_new_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_(3).pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_(3).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN..pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN..pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_baru_print.pdf]
Preview
Text
skripsi_baru_print.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item