Sinergitas Lembaga Pengelola Lingkungan Hidup Pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Mengendalikan Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Pengolahan Ikan Di Muncar,

Anugrah, Sandy Putra and Dr. Istislam, SH.MHum and Dr. Shinta Hadiyantina, SH.MH (2013) Sinergitas Lembaga Pengelola Lingkungan Hidup Pada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Dalam Mengendalikan Pencemaran Lingkungan Akibat Limbah Pengolahan Ikan Di Muncar,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas tentang sinergitas lembaga pengelola lingkungan hidup pada pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam mengendalikan pencemaran lingkungan akibat limbah pengolahan ikan di Muncar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh pembuangan limbah yang dilakukan oleh pihak industri melalui saluran pembuangan umum. Hal ini harus menjadi perhatian berbagai lembaga yang terkait dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Banyuwangi. Permasalahan yang di angkat adalah Bagaimana fungsi dari masing – masing lembaga pengelola lingkungan hidup pada pemerintah Kabupaten Banyuwangi dapat bekerjasama dalam mengendalikan pencemaran lingkungan akibat limbah pengolahan ikan di Muncar, bagaimana sinkronisasi pelaksanaan kewenangan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuwangi dengan lembaga pemerintah Kabupaten Banyuwangi lainnya terkait pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah pengolahan ikan di Muncar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris, pendekatan yang dipilih oleh peneliti yakni menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diketahui pelaksanaan kerjasama dari masing – masing fungsi yang dimiliki oleh lembaga pengelola lingkungan hidup pada pemerintah Kabupaten Banyuwangi bisa dilihat dari pengurusan suatu izin. Bahwa dalam pengurusan izin suatu usaha pengolahan ikan sinergitas lembaga – lembaga terkait yaitu Badan Lingkungan Hidup, Dinas Perindustrian dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Wujud sinergitas tersebut adalah Badan Lingkungan Hidup yang berwenang mengawasi dan mengendalikan pencemaran lingkungan, Dinas Perindustrian yang berwenang melakukan pembinaan bagi industri, dan Badan Perencanaan Pembangunan yang berwenang mengeluarkan Advice Planning sebagai pengendalian pemanfaatan tanah. Pelaksanaan kewenangan Badan Lingkungan Hidup dengan lembaga pengelola lingkungan hudup pada pemerintah Kabupaten Banyuwangi lainnya yaitu tidak terjadi tumpang tindih kewenangan. Sinkronisasi Badan Lingkungan Hidup dengan Dinas Perindustrian yakni melakukan pembinaan kepada pemilik industri. Sinkronisasi yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup dengan Badan Perencanaan Pembangunan yakni dengan melakukan penataan ruang wilayah. Sinkronisasi Badan Lingkungan Hidup dengan Badan Perizinan yakni dalam hal pengeluaran izin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/153/051307316
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Aug 2013 15:05
Last Modified: 13 Apr 2022 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111512
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item