Peran Pejabat Pembuat Akta Tanah Dalam Melaksanakan Prosedur Pendaftaran Hak Tanggungan Dalam Proses Pengikatan Kredit Pemilikan Rumah Pada Bank Konvensional

Damayanti, Amelia Sabita (2013) Peran Pejabat Pembuat Akta Tanah Dalam Melaksanakan Prosedur Pendaftaran Hak Tanggungan Dalam Proses Pengikatan Kredit Pemilikan Rumah Pada Bank Konvensional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas tentang peran Pejabat Pembuat Akta Tanah dalam melaksanakan prosedur pendaftaran hak tanggungan dalam proses pengikatan kredit pemilikan rumah pada bank konvensional. Hal ini di latar belakangi dengan adanya keinginan setiap orang untuk merubah hidupnya menjadi lebih baik, khususnya dalam bidang papan atau rumah. Setiap orang menginginkan rumah yang layak untuk dihuni, salah satu solusinya yaitu Bank menawarkan Kredit Pemilikan Rumah untuk merubah taraf hidup kearah yang lebih baik kepada masyarakat. Kegiatan kredit tersebut melibatkan Pejabat Pembuat Akta Tanah sebagai pejabat publik yang membuat akta otentik yang mempunyai kekuatan hukum tetap yang isinya mengikat ke dua belah pihak, untuk perjanjian kerjasama antara pihak Pejabat Pembuat Akta Tanah dengan Bank dituangkan dalam surat permohonan kerjasama sebagai mitra. Namun, terjadi banyak hambatan dalam proses tersebut baik internal maupun eksternal yang membuat order dari Bank tidak dapat terselesaikan tepat waktu, seperti berkas yang tidak lengkap, proses validasi BPHTB yang memakan waktu lama, Pejabat Pembuat Akta Tanah yang tidak selalu berada di kantor, tidak adanya time scedhule yang baik, proses Verifikasi Lapangan yang belum tersosialisasikan kepada masyarakat. Tujuan penelitianini adalah pertama, untuk menemukan hambatan yang dialami Pejabat Pembuat Akta Tanah ketika melaksanakan prosedur pendaftaran Hak Tanggungan dalam proses Kredit Pemilikan Rumah pada Bank Konvensional. Kedua, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Pejabat Pembuat Akta Tanah ketika mengalami hambatan saat melaksanakan prosedur pendaftaran Hak Tanggungan dalam proses Kredit Pemilikan Rumah pada Bank Konvensioanl Dan ketiga, Untuk menemukan solusi dalam permasalahan pendaftaran Hak Tanggungan oleh PPAT dalam proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/15/051302896
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 12 Apr 2013 14:00
Last Modified: 12 Apr 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111508
[thumbnail of SKRIPSI_BITA_2.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BITA_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item