Klaim Asuransi Kendaraan Umum Pada Kecelakaan Lalu Lintas Yang Menimbulkan Kerugian Terhadap Penumpang Dan Korban Di Luar Kendaraan Umum. (Studi Kasus Di Kabupaten Malang)

Darmawan, Nicky (2013) Klaim Asuransi Kendaraan Umum Pada Kecelakaan Lalu Lintas Yang Menimbulkan Kerugian Terhadap Penumpang Dan Korban Di Luar Kendaraan Umum. (Studi Kasus Di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan klaim asuransi kendaraan umum pada kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan kerugian terhadap penumpang dan korban di luar kendaraan umum. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi dari banyaknya kecelakaan lalu lintas yang terjadi di daerah kabupaten malang dari kecelakaan lalu lintas tersebut perlu adanya asuransi sosial akan tetapi dalam prakteknya pengeklaiman asuransi tersebut tidak berjalan dengan baik masih adanya pihak-pihak korban yang mengalami kesulitan dalam memperoleh santunan dari asuransi sosial tersebut dari permasalahan tersebut yang membuat penulis tertarik untuk menulis permasalahan tersebut. Berdasarkan hal tersebut diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana tanggung jawab pihak jasa raharja dalam memberikan ganti kerugian terhadap penumpang dan korban kecelakaan di luar kendaraan umum?.(2) Apa kendala yang dihadapi oleh penumpang dan korban di luar kendaraan umum untuk memperoleh klaim dalam hal terjadinya kecelakaan dan bagaimana upaya untuk mengatasi kendala tersebut?. Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis sosiologis.Penulis menggunakan data yang penulis peroleh dari PT Jasa Raharja (persero) baik secara langsung maupun tidak langsung. Data itu berupa wawancara terpimpin, data-data yang di perlukan yang di ambil dari pihak PT Jasa Raharja (persero). Data tersebut kemudian penulis analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Jawaban atas permasalahan yang ada bahwa tanggung jawab pihak jasa raharja ialah menghimpun dana dari masyarakat baik dana yang sesuai dengan Undang-Undang No 33 Tahun 1964 dan Undang-Undang No 34 tahun 1964, dan tanggung jawab pihak jasa raharja yang lain adalah menyalurkan dana santunan asuransi kepada pihak-pihak korban yang terkait. Adapun kendala-kendala yang di hadapi oleh pihak korban untuk menerima dana santunan asuransi jasa raharja terdapat hambatan internal yaitu Hambatan yang timbul dalam pengelolaan PT Jasa Raharja (persero) adalah berkaitan erat dengan sistem administrasi personil dan keuangan. Sangat minimnya personil yang menjalankan tugas operasional di lapangan khususnya yang bergerak dibidang pola sosialisasi jasa raharja, penarikan iuran wajib dan penyaluran santunan jasa raharja. Hambatan yang lainnya hambatan eksternal yaitu Hambatan eksternal mendasar adalah masih adanya korban kecelakaan lalu lintas yang belum berhasil mendapatkan santunan jasa raharja hanya dikarenakan korban bersalah oleh pihak PT Jasa Raharja dan tidak dijamin oleh UU No. 33 dan 34 Tahun 1964, kesan ini sangat menghambat hubungan antara masyarakat dengan pihak PT Jasa Raharja (Persero) dan Kepolisian Lalu Lintas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/141/051306495
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Jul 2013 09:39
Last Modified: 12 Apr 2022 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111501
[thumbnail of abstraksi_skripsi(1).pdf]
Preview
Text
abstraksi_skripsi(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_dan_daftar_isi_skripsi_nicky.pdf]
Preview
Text
cover_dan_daftar_isi_skripsi_nicky.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_nicky.pdf]
Preview
Text
skripsi_nicky.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item