Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Putusan Atas Dasar Pasal 103 JO Pasal 54 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (Studi Di Pengadilan Negeri Malang),

Nugraha, Prasetya Djati (2013) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Putusan Atas Dasar Pasal 103 JO Pasal 54 Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika (Studi Di Pengadilan Negeri Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini yang menjadi latar belakang masalah adalah Narkotika adalah zat yang berbahaya apabila disalahgunakan. Penyalahguna narkotika yaitu pengguna murni adalah orang yang perlu disembuhkan karena ketergantungan terhadap narkotika. Rehabilitasi medis dan sosial merupakan tindakan pencegahan dan penanggulangan tersebarnya penyakit HIV/AIDS dan meningkatnya jumlah penyalahgunaan narkotika. Pemerintah harus berperan aktif dalam proses rehabilitasi terhadap para penyalahguna narkotika yaitu pengguna murni. Dalam penelitian hukum ini digunakan pendekatan yuridis-sosiologis. Penelitian dilakukan di Pengadilan Negeri Malang dengan dasar pertimbangan terdapat kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Responden dalam penelitian ini adalah: 1 orang Hakim Pengadilan Negeri Malang. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap penyalahguna narkotika berdasarkan pasal 103 jo pasal 54, selain itu juga berdasarkan latar belakang pelaku seperti belum pernah dihukum, pertama kali melakukan tindak pidana narkotika, faktor ekonomi, keluarga, usia, fakta – fakta yang terungkap dalam persidangan, perbuatan terdakwa saat persidangan. Pemberian pidana penjara bagi penyalahguna narkotika bertujuan untuk memberi efek jera agar tidak mengulangi perbuatan yang sama. Dalam hal ini disarankan Pemerintah meberikan peratuan yang lebih tegas serta pembinaan yang baik secara fisik maupun psikis, selain pranata hukum dengan sanksi tegas juga dalam tatanan implementasi. Karena pembinaan secarafisik maupun psikis yaitu rehabilitasi merupakan tindakan yang lebih nyata pengaruhnya terhadap kesembuhan dan pencegahan semakin meningkatnya jumlah penyalahgunaan narkotika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/134/051305882
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2013 08:50
Last Modified: 12 Apr 2022 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111494
[thumbnail of 5._DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
5._DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._KATA__PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3._KATA__PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
7._RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._DAFTAR_BAGAN.pdf]
Preview
Text
6._DAFTAR_BAGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._ISI.pdf]
Preview
Text
8._ISI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item