Penyelesaian Klaim Bagi Pemegang Polis Asuransi Kendaraan Roda Empat (Studi di PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang)

Badiah, Lutvia Anis Watul (2013) Penyelesaian Klaim Bagi Pemegang Polis Asuransi Kendaraan Roda Empat (Studi di PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis bagaimana penyelesaian klaim bagi pemegang polis asuransi kendaraan roda empat studi di PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang. Hal ini dilatarbelakangi karena adanya kelalaian dalam mengendarai kendaraan roda empat (mobil) dan tidak adanya itikad baik dari tertanggung sehingga menyebabkan pembayaran klaim yang bermasalah. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah penyelesaian klaim bagi pemegang polis asuransi kendaraan roda empat di PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang (2) Apa hambatan dan upaya PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang dalam menyelesaikan klaim bagi pemegang polis kendaraan roda empat. Peneliti menggunakan penelitian hukum empiris dengan metode penelitian yuridis sosiologis, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, penyelesaian klaim bagi pemegang polis asuransi kendaraan roda empat di PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang yaitu dengan cara membayar klaim yang diajukan oleh tertanggung sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh PT. Asuransi Rama Satria Wibawa, karena tidak semua klaim akan memperoleh ganti kerugian. Ganti kerugian tersebut berupa perbaikan dibengkel, pembayaran uang tunai, serta penggantian suku cadang atau kendaraan sesuai dengan merk, tipe, model, dan tahun yang sama sesuai dengan isi polis. Hambatan dan upaya PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang dalam menyelesaikan klaim bagi pemegang polis kendaraan roda empat, sebenarnya pihak asuransi tidak ingin mempersulit dan memperlambat pembayaran ganti kerugian, jika semua persyaratan yang diajukan dipenuhi oleh tertanggung, bila terjadi keterlambatan dalam pembayaran klaim yang telah diajukan oleh tertanggung berarti adanya kesalahan yang dilakukan oleh tertanggung terkait dengan isi polis serta ketidak lengkapan dokumen pengajuan klaim. Upaya yang ditempuh oleh PT. Asuransi Rama Satria Wibawa memberikan ganti kerugian sesuai dengan nilai yang dipertanggungkan. Menyikapi permasalan tersebut, maka PT. Asuransi Rama Satria Wibawa Cabang Malang harus mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya dalam memberikan pelayanan penyelesaian klaim kepada pihak tertanggung. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaaan masyarakat terhadap pentingnya perusahaan asuransi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/13/051302894
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Apr 2013 14:05
Last Modified: 12 Apr 2022 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111489
[thumbnail of SKRIPSI_-_LUTVIA_ANIS_WATUL_BADIAH_-_0910111026.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_LUTVIA_ANIS_WATUL_BADIAH_-_0910111026.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item