Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Bank Dalam Hal Pengalihan Objek Jaminan Fidusia Oleh Debitur Tanpa Persetujuan Kreditur (Studi di PT Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk. Kabupaten Pamekasan)

Alghifary, MNaufal (2013) Pelaksanaan Perlindungan Hukum Terhadap Bank Dalam Hal Pengalihan Objek Jaminan Fidusia Oleh Debitur Tanpa Persetujuan Kreditur (Studi di PT Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk. Kabupaten Pamekasan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah pelaksanaan perlindungan hukum terhadap Bank dalam hal pengalihan objek jaminan Fidusia oleh debitur tanpa persetujuan kreditur di Bank BNI Kabupaten Pamekasan. Hal ini dilatar belakangi dilihat dari sejak lahirnya Fidusia, pengakuan Fidusia dalam Yurisprudensi sampai diaturnya Jaminan Fidusia dalam undang-undang yang masih terjadi banyak pelanggaran dalam penerapanya, dan didalam prakteknya di Bank BNI Kabupaten Pamekasan terdapat pelangaran yang dilakukan kreditur maupun debitur yaitu tidak dilakukanya pendaftaran Jaminan Fidusia, terjadi pengalihan objek Jaminan Fidusia, dan eksekusi dibawah tangan terhadap objek Jaminan Fidusia, dimana pelanggaran-pelangaran tersebut menimbulkan akibat Hukum yang akan merugikan kreditur maupun debitur. Dalam upaya untuk memberikan perlindungan Hukum terhadap Bank yang terjadi di Bank BNI Kabupaten Pamekasan dalam hal pengalihan objek Jaminan Fidusia oleh debitur maka jenis penelitian mengunakan Hukum empiris yaitu dimana dilakukan dengan cara melakukan penelitian langsung ke Bank Negara Indonesia Kabupaten Pamekasan dan metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis yaitu untuk melakukan analisis terhadap undang-undang No. 42 tahun yang berkaitan dengan permasalahan yaitu pengalihan objek Jaminan Fidusia Sedangkan pendekatan sosiologis dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku pihak-pihak yang terkait dan seluruh data yang ada akan dianalisa secara deskriktif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pelaksanaan perlindungan Hukum yang dilakukan debitur di BNI Kabupaten Pamekasan adalah mencegah dan menangani jika terjadi pengalihan Objek Jaminan Fidusia yaitu untuh mencegah terjadinya pengalihan objek jaminan Fidusia perlindungan yang diberikan oleh undang-undang No. 42 tahun 1999 maupun dari perjanjianya yang dilakukan pihak debitur dengan pihak Bank sedangkan untuk menangani jika terjadi pengalihan objek jaminan Fidusia di Bank BNI Kabupaten Pamekasan dilakukan eksekusi dibawah tangan terhadap objek jaminan Fidusia yang dialihkan oleh debitur dengan berdasarkan kesepakatan dengan debitur sesuai dengan perjanjian dengan pihak Bank.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/129/051305877
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2013 09:15
Last Modified: 12 Apr 2022 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111488
[thumbnail of 051305877.pdf]
Preview
Text
051305877.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item