Tanggung Jawab Hukum dari Pengelola Taman Wisata Terhadap Keselamatan Pengunjung Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ( Studi di Jawa Timur Park 1 Kota Batu )

Kharisma, Bintang Ulya (2013) Tanggung Jawab Hukum dari Pengelola Taman Wisata Terhadap Keselamatan Pengunjung Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen ( Studi di Jawa Timur Park 1 Kota Batu ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah adanya pelanggaran hak konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha. Pelaku usaha yang dimaksud adalah pihak Jawa Timur Park 1, sedang konsumen adalah pengunjung Jawa Timur Park 1. Fokus kajian yaitu mengenai adanya kasus macetnya wahana Tornado di Jawa Timur Park 1 Kota Batu sehingga menyebabkan adanya kerugian yang dialami konsumen. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tanggung jawab hukum dari pihak pengelola Jawa Timur Park 1 Kota Batu terkait ketentuan Undang Undang nomor 8 Tahun 1999 serta faktor apa yang mempengaruhi belum terwujudnya tanggung jawab hukum dari pengelola taman wisata terhadap kecelakaan yang merugikan konsumen Penelitian dilakukan dengan metode yuridis sosiologis, yang mendasarkan penelitian pada peraturan-peraturan yang berlaku dan juga dikaitkan dengan kenyataan yang terjadi sebenarnya di lapangan. Data yang digunakan adalah primer dan data sekunder yang didapatkan dengan cara wawancara, kuisioner dan dokumentasi pada lokasi penelitian, yaitu di Taman Belajar dan Hiburan Jawa Timur Park 1 Kota Batu. Teknik analisis data menggunakan Metode deskriptif kualitatif yaitu dengan mengungkapkan data-data yang ada dan kemudian dianalisis berdasarkan teori-teori dan asas-asas yang berlaku. Hasil penelitian di lapangan menyebutkan bahwa pelaku Usaha, Jawa Timur Park 1 memenuhi tanggung jawabnya atas ganti rugi kepada konsumen yang menjadi korban dengan pemeriksaan di klinik Jawa Timur Park, konsumsi, dan tiket masuk Jawa Timur Park 1 yang bersifat open gate . Akan tetapi, tidak terdapat tindakan hukum secara lebih lanjut terhadap kecelakaan tersebut karena tidak ada laporan dan hasil pemeriksaan tim Laboratorium Forensik Surabaya tidak menemukan adanya suatu kesalahan. Padahal pihak Jawa Timur Park 1 Kota Batu sebenarnya dapat dikenai dengan sanksi pidana sesuai dengan pasal 62 Undang Undang perlindungan Konsumen mengenai ketentuan pidana. Belum terwujudnya tanggung jawab hukum dari pelaku usaha atas kecelakaan yang melibatkan konsumen dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat. Faktor dari aparat yang kurang paham terhadap perlindungan konsumen, Faktor sarana / fasilitas, dan faktor lemahnya pengawasan dari pemerintah. Dari hasil penelitian maka sebaiknya diberikan sanksi pidana bagi pelaku usaha terkait dengan kerugian yang dialami konsumen serta mengupayakan perbaikan terhadap faktor yang mempengaruhi belum terwujudnya tanggung jawab hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/124/051305872
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Jul 2013 09:22
Last Modified: 12 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111483
[thumbnail of 051305872.pdf]
Preview
Text
051305872.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item