Pelaksanaan Prinsip Akuntabilitas Pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Di Kabupaten Malang (Studi Implementasi Peraturan Bupati Malang Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Daerah Jas

Situmeang, Maria Magdalena (2013) Pelaksanaan Prinsip Akuntabilitas Pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa Di Kabupaten Malang (Studi Implementasi Peraturan Bupati Malang Nomor 20 Tahun 2006 Tentang Pedoman Tata Kelola Perusahaan Daerah Jas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan Pelaksanaan Prinsip Akuntabilitas pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa di Kabupaten Malang. Pilihan tema tersebut dikarenakan penulis menilai kurang terlaksananya Prinsip Akuntabilitas pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa terkait dari tugas, fungsi dan tanggung jawab organ pengurus. Berdasar latar belakang yang singkat di atas, penulis mengangkat rumusan masalah : (1)Bagaimana pelaksanaan Prinsip Akuntabilitas pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa di Kabupaten Malang? (2)apa Hambatan dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam melaksanakan Prinsip Akuntabilitas pada PD. Jasa Yasa di Kabupaten Malang? Penulisan karya tulis ini merupakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Sumber data primer dan sumber data sekunder yang diperoleh penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan cara data yang diperoleh disajikan secara deskriptif. Dalam melakukan penelitian menggunakan dua metode yang digunakan untuk mempermudah pembahasan serta mendapatkan kesimpulan dari hasil penelitian di lapangan, yaitu datadata yang diperoleh dari hasil wawancara, peneliti akan melakukan kategorisasi, sistematisasi, selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan tujuan untuk membuktikan pelaksanaan dari sebuah regulasi terhadap fakta yang ada. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa Pelaksanaan Prinsip akuntabilitas pada Perusahaan Daerah Jasa Yasa di Kabupaten Malang kurang optimal. Hal ini dikarenakan terdapat hambatan dalam pelaksanaanya, antara lain:a.)Sumber Daya Manusia, yakni kurang ahlinya sumber daya manusia yang terkandung di dalamnya serta adanya ketidak sesuaian beberapa posisi dengan latar belakang pendidikan masing-masing SDM. b.) Substansi Hukum, Tidak adanya sanksi yang tegas dalam hal pelaksanaan prinsip Akuntabilitas di PD. Jasa Yasa. Untuk mengurangi hambatan tersebut, dilakukannya beberapa upaya, antara lain : a.) Terkait SDM, Penempatan Posisi sesuai dengan keahlian masing-masing, serta pemberian pelatihan, penyuluhan, pendidikan dan kegiatan Pengembangan Organ SDM yang memang diperlukan. b.) Pengaturan Sanksi yang tegas dalam peraturan terkait pedoman pelaksanaan prinsip Akuntabilitas di PD. Jasa.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/12/051302893
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Apr 2013 13:54
Last Modified: 12 Apr 2022 04:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111478
[thumbnail of SKRIPSI_Maria_Magdalena_Situmeang_(0910113143).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Maria_Magdalena_Situmeang_(0910113143).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item