Restrukturisasi Kredit Oleh Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang Terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia Berkedudukan Di Kabupaten Malang (Studi Implementasi Surat Kep

Ivana, Melissa (2013) Restrukturisasi Kredit Oleh Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang Terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia Berkedudukan Di Kabupaten Malang (Studi Implementasi Surat Kep. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada Latar Belakang penulisan skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tentang restrukturisasi kredit oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang sebagai salah satu upaya penyelesaian kredit macet terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia berkedudukan di Kabupaten Malang. Sehingga penulis merumuskan masalah tentang Bagaimana proses restrukturisasi kredit oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia berdasarkan Implementasi Surat Keputusan Direksi PT. Bank Rakyat Indonesia NO:S.94–DIR/ADK/12/2005 Tanggal 30 Desember 2005 Tentang Restrukturisasi Kredit, Apa saja hambatan-hambatan serta upaya penyelesaian hambatan-hambatan yang dihadapi oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang dalam proses restrukturisasi kredit terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui, menganalisis proses restrukturisasi kredit tersebut beserta hambatan dan upaya PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang untuk mengatasi hambatan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis. Lokasi penelitian adalah di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang dengan menggunakan Purposive Sampling dalam penelitian ini. Berdasarkan pada Surat Keputusan Direksi PT. Bank Rakyat Indonesia NO:S.94–DIR/ADK/12/2005 Tanggal 30 Desember 2005 Tentang Restrukturisasi Kredit, Restrukturisasi kredit merupakan upaya perbaikan yang dilakukan bank dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya. Pelaksanaan restrukturisasi kredit yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kawi Malang terhadap Perusahaan Otobus Putra Mulia meliputi tahap-tahap yaitu prakarsa restrukturisasi kredit, negosiasi, analisis dan evaluasi, putusan restrukturisasi, dokumentasi restrukturisasi, dan monitoring. Adapun materi yang direstrukturisasi terhadap debitur yaitu perubahan tingkat suku bunga, penjadwalan kembali dan pengelolaan/pengambilalihan asset debitur sesuai ketentuan yang berlaku Hambatan maupun upaya dalam restrukturisasi kredit adalah didalam setiap tahapan restrukturisasi kredit tersebut. Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah tahap restrukturisasi berdasarkan Surat Keputusan tersebut yang dilakukan pihak bank kepada debitur gagal karena debitur yang tidak kooperatif dan tidak mampu melaksanakan proses restrukturisasi kredit sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pihak bank. Sarannya adalah diperlukan adanya komunikasi dan itikad baik secara berkesinambungan dari pihak bank maupun debitur.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/111/051304979
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 May 2013 09:32
Last Modified: 12 Apr 2022 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111469
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item