Implementasi Pelayanan Publik Oleh Kantor Bersama Samsat Malang Kota Melalui Samsat Keliling Berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Tadu, OliviaIrianty Logo (2012) Implementasi Pelayanan Publik Oleh Kantor Bersama Samsat Malang Kota Melalui Samsat Keliling Berdasarkan Pasal 20 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Samsat Keliling, hal ini di latar belakangi oleh berlakunya Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, diharapkan memberikan dampak nyata yang luas terhadap peningakatan pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan publik berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Sebagai bentuk pelayanan yang baik adalah melihat betapa pentingnya penerapan standar pelayanan yang baik dalam suatu penyelenggaraan pemerintahan dan untuk melihat apakah bentuk pelayanan publik selama ini telah sesuai dengan kebijakan pemerintah, terutama berkaitan dengan pelayanan dalam bentuk Samsat Keliling, karena dalam pelaksanaannya ternyata masih belum maksimal, yaitu dengan melihat beberapa hal yang berkaitan dengan implementasi pasal 20 berdasarkan Undang –undang Nomor 25 Tahun 2009 tersebut. Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota sebagai salah satu organisasi publik pemberi pelayanan publik membuat suatu kebijakan dengan memberikan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan sistem Samsat keliling yang baru dilaksanakan tahun 2009. Dalam penulisan skripsi ini, membahas mengenai; (1) Implementasi Pelayanan SAMSAT Malang Kota diukur Dalam Pelayanan Masyarakat Berdasarkan Pasal 20 Peraturan Undang –Undang Tentang Pelayanan Publik Nomor 25 tahun 2009. (2) Apa Kendala yang dihadapi dan bangaiman upaya yang dilakukan oleh Samsat Keliling Malang Kota dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif analitis. Berdasarakan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pelaksanaan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan sistem samsat keliling telah dapat dikatakan sebagai upaya peningkatan pelayanan publik. Hal ini dapat dilihat dan syarat-syarat pembayaran maupun kecepatan waktu yang diperlukan lebih efisien daripada dengan membayar di Kantor bersama SAMSAT. Dalam pelaksanaannya tersebut, mereka berpedoman kepada Surat Edaran Bersama Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Kepala Dinas Pendapatan Propinsi Jawa Timur, Kepala PT. (Persero) Jasa Raharja Cabang Jawa Timur No.Pol : B/3380/VI/2006/DITLANTAS, Nomor : 970/12859/101.22.2006 dan Nomor : P/8/2006 Tentang Tata Laksana Proses. Pelayanan Samsat Keliling untuk pendaftaran ulang kendaraan bermotor, dalam menjalankan perannya tersebut Aparat Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota mengahadapi berbagai macam kendala dan hambatan yang dihadapi meliputi eksternal dan internal, hambatan internal yang berasal dari dalam instansi pemerintah adalah minimnya biaya operasional dan koordinasi internal Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota yang kurang sinergis. Hambatan dari eksternal yaitu kurangnya partisipasi masyarakat yang dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dan mereka juga berupaya semaksimal dan sebisa mungkin untuk mengatasi kendala tersebut. Dalam pelaksanaannya tersebut telah berjalan dengan baik dan dapat dikatakan berhasil. Meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi, akan tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan cara penggandaan kendaraan bagi samsat keliling yangada dan mengintensifkan kerjasama dengan instansi lain sedangkan untuk eksternal adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang palayanan Samsat Keliling.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/68/051201259
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Apr 2012 10:27
Last Modified: 12 Apr 2022 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111421
[thumbnail of 051201259.pdf]
Preview
Text
051201259.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item