Efektifitas Pelaksanaan Pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Standart Pelayanan Publik

Retno MS, Fransiska Dwi (2012) Efektifitas Pelaksanaan Pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Standart Pelayanan Publik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai Efektifitas Pelaksanaan Pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Standart Pelayanan Publik, diharapkan memberikan dampak nyata yang luas terhadap peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan publik berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintah, karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Sebagai bentuk pelayanan yang baik adalah melihat betapa pentingnya efektifitas standart pelayanan yang baik dalam suatu penyelenggaraan pemerintah dan untuk melihat apakah bentuk pelayanan publik selama ini telah sesuai dengan kebijakan pemerintah, terutama berkaitan dengan pelayanan dalam bentuk menyangkut segala urusan Kendaraan Bermotor termasuk surat-surat kelengkapan kendaraan bermotor serta kelengkapan surat-surat para pemakai jalan raya karena dalam efektifitasnya ternyata masih be lum maksimal, yaitu dengan melihat beberapa hal yang berkaitan dengan efektifitas pelaksanaan pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 tersebut. Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota sebagai salah satu organisasi publik pemberi pelayanan publik membuat suatu kebijakan dengan memberikan berbagai pelayanan seperti kelengkapan Kendaraan Bermotor yang dilayani oleh Kantor SAMSAT meliputi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) serta Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), termasuk juga Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ). Dalam penulisan skripsi ini, membahas mengenai: (1) Bagaimana Efektifitas Pelaksanaan Pasal 14 Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 tentang Pelayanan Publik. (2) Apa saja kendala yang dihadapi dalam pasal 14 Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2005 oleh Kantor SAMSAT Malang Kota dan Bagaimana Solusinya. Metode pendekatan yang dipakai adalah Yuridis Sosiologis dengan menggunakan data primer sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Efektifitas Pelaksanaan Pasal 14 Peraturan Daerah Jawa Provinsi Jawa Timur Nomor 11 Tahun 2005 tentang Standart Pelayanan Publik dikatakan belum Efektif yang dikarenakan tidak diikutinya antrian dengan baik selama prosesnya, dan adanya masyarakat yang tidak jujur dengan mengambil jalan singkat seperti melalui calo, ataupun adanya kenalan orang dalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/32/051201060
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Apr 2012 08:31
Last Modified: 11 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111393
[thumbnail of 051201060.pdf]
Preview
Text
051201060.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item