Implementasi Pasal 14 Ayat 1 Huruf K Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Berkaitan Dengan Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat Terhadap Anak Pidana (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan A

Kusumaningrum, Windha Ayu (2013) Implementasi Pasal 14 Ayat 1 Huruf K Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Berkaitan Dengan Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat Terhadap Anak Pidana (Studi Di Lembaga Pemasyarakatan A. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Implementasi Pasal 14 Ayat 1 Huruk k Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Berkaitan Dengan Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat Terhadap Anak Pidana. Hal ini dilatarbelakangi dengan Pembebasan Bersyarat merupakan hak mutlak setiap Anak Pidana yang dapat diambil maupun tidak yang telah diatur dalam undang-undang di atas. Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat pun kurang mendapat perhatian masyarakat luas, sehingga sering kali Pembebasan Bersyarat menjadi hal asing bagi masyarakat luas kecuali bagi keluarga anak pidana itu sendiri yang sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Ank Blitar. Dalam upaya mengetahui pelaksanaan pembebasan bersyarat di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar berikut dengan kendala yang dihadapi Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar dan upaya yang dilakukan Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar dalam pemecahan kendala pelaksanaan pembebasan bersyarat. Maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisis permasalahan yang ditetapkan secara yuridis dengan melihat fakta sosiologis secara obyektif. Kemudian, seluruh data yang ada di analisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pelaksanaan pembebasan bersyarat telah dilaksanakan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dalam hal pemenuhan syarat-syarat pembebasan bersyarat. Pelaksanaan Pembebasan Bersyarat di Lapas Anak Blitar terhadap anak pidana ini memiliki peluang besar untuk disalahgunakan oleh pihakpihak yang ingin mendapatkan keuntungan baik individu maupun kelompok. Kendala yang dihadapi oleh Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar dalam pelaksanaan pembebasan bersyarat antara lain kendala intern yang berasal dari pihak intern yaitu Wali Pemasyarakatan, Petugas yang berwenang mengurusi pembebasan bersyarat serta anak pidana dan kendala ekstern berasal dari keluarga anak pidana dan masyarakat. Upaya yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar yaitu upaya yang dilakukan kepada pihak intern dan upaya yang dilakukan kepada pihak ekstern. Menyikapi fakta-fakta tersebut, maka perlu kiranya peningkatan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan hak anak didik pemasyarakatan khususnya anak pidana seperti pembebasan bersyarat, agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/268/051300230
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Mar 2013 10:52
Last Modified: 11 Apr 2022 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111371
[thumbnail of SKRIPSI_BAB_I-V.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BAB_I-V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_hal_152.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_hal_152.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAGAN_2.1_hal_37.pdf]
Preview
Text
BAGAN_2.1_hal_37.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item