Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Kepegawaian Bagi Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang)

Malida, Ardhina Noor (2013) Pelaksanaan Penyelesaian Sengketa Kepegawaian Bagi Pegawai Negeri Sipil Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sengketa kepegawaian merupakan keadaan yang tidak dikehendaki oleh setiap PNS, tetapi harus diselesaikan sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku, sehingga yang bersangkutan memperoleh penyelesaian secara adil dan obyektif. Sengketa kepegawaian Pegawai Negeri Sipil dapat muncul dalam hal pengangkatan, kepangkatan, jabatan, pemindahan dan pemberhentian sebagai akibat keputusan dari pejabat pembina kepegawaian. Sengketa Pegawai Negeri Sipil bermula dari lahirnya Keputusan Tata Usaha Negara yang dikeluarkan oleh Pejabat Tata Usaha Negara, baik berupa pengenaan sanksi hukuman administrasi ringan, sedang ataupun berat yang berbentuk pemberhentian. Ketentuan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok kepegawaian beserta Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil memberikan batas kewenangan kepada Pejabat Tata Usaha Negara dalam mengeluarkan hukuman; Penyelesaian sengketa Pegawai Negeri Sipil harus diselesaikan dengan menggunakan upaya administratif terlebih dahulu, setelah upaya administratif ditempuh namun Keputusan keberatan ataupun banding administratif tidak juga memuaskan para pihak, maka jalur PTUN dapat digunakan. Penggunaan upaya hukum administratif dapat dilakukan dengan cara pihak yang dirugikan mengajukan gugatan terhadap Pejabat Tata Usaha Negara tersebut melalui Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara. Kendala yang dihadapi oleh seorang Pegawai Negeri Sipil yang melakukan upaya hukum dalam penyelesaian sengketa adalah masalah prosedur yang tidak mudah, biaya yang mahal dan kendala waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/263/051300225
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 25 Mar 2013 11:02
Last Modified: 11 Apr 2022 01:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111366
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item