Efektivitas Pasal 178 Undang-Undang Nomer 23 tahun 2007 tentang Larangan Mendirikan Permukiman di Sempadan Rel Kereta Api (Studi di PT Kereta api Indonesia Kota Malang)

Stezen, Adrenal (2012) Efektivitas Pasal 178 Undang-Undang Nomer 23 tahun 2007 tentang Larangan Mendirikan Permukiman di Sempadan Rel Kereta Api (Studi di PT Kereta api Indonesia Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Efektivitas dapat diartikan sebagai tingkat atau derajat pencapaian hasil yang diharapkan, semakin besar hasil yang dicapai maka akan berarti semakin efektif. Dalam pasal 178 undang-undang nomer 23 tahun 2007 tentang larangan mendirikan permukiman di sempadan rel kereta api belum berjalan secara efektif disebabkan beberapa faktor diantaranya faktor ekonomi, keterbatasan lahan dan budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk, Pertama yaitu untuk mengetahui dan menganalisa efektivitas pasal 178 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian terhadap permukiman liar di sempadan rel kereta api Kota Malang, Kedua untuk mengetahui, menemukan dan menganlisa kendala yang dihadapi oleh PT Kereta Api Indonesia Kota Malang dalam melaksanakan pasal tersebut, serta mengetahui solusi yang dilakukan oleh PT Kereta Api Kota Malang dalam mengahadapi hambatan dalam pelaksanaan pasal 178 tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara. Kemudian dalam menganisa data peneliti menggunakan metode deskriptif analitis yaitu dengan memamparkan data-data yang diperoleh dari peneltiain secara sistematis kemudian dianalisa untuk memperoleh suatu kesimpulan Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa efektivitas pasal 178 undang-undang no 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian terhadap larangan mendirikan permukiman di sempadan rel kereta api Kota Malang berlum efektif hal tersebut disebakan beberapa hal yakni fenomena migrasi, faktor perekonomian, kegagalan kebijakan yang diambil pemerintah. tidak adanya kesamaan visi, misi dan tujuan antara PT Kereta Api Indonesoa Kota Malang dengan Pemerintah Daerah, dan faktor lainnya yang menyebabkan permukiman liar tersebut masih terdapat disempadan rel kereta api Kota Malang. Menyikapi tentang efektifitas pasal 178 undang-undang no 23 tahun 2007 tentang perkeretaapian terhadap larangan mendirikan permukiman di sempadan rel kereta api Kota Malang, maka penulis memberi saran hendaknya PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kota Malang lebih proaktif dalam mensosialisasikan pasal 178 Undang-undang Nomor.23 tahun 2007 larangan mendirikan permukiman di sempdan rel kereta api, kemudian hendaknya kerjasama antara PT. Kereta Api (Persero) Kota Malang dengan pemerintah kota, daerah serta pejabat yang terkait terus dijalin dalam mengefektifitaskan isi pasal 178 undang-undang Nomor 23 tahun 2007 larangan mendirikan permukiman di sempdan rel kereta api

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/255/051205794
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Jan 2013 10:11
Last Modified: 11 Apr 2022 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111358
[thumbnail of ABSTRARAK_ADRENAL.pdf]
Preview
Text
ABSTRARAK_ADRENAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-KESIMPULAN.pdf]
Preview
Text
BAB_1-KESIMPULAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL_COVER.pdf]
Preview
Text
JUDUL_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item