Pertanggungjawaban Pidana Bagi Pelaku Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Yang Mengakibatkan Kematian (Studi di Satlantas Polres Pasuruan),

Karyaningrat, SanggaNor (2012) Pertanggungjawaban Pidana Bagi Pelaku Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Yang Mengakibatkan Kematian (Studi di Satlantas Polres Pasuruan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Pertanggungjawaban Pidana Bagi Pelaku Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Raya Yang Mengakibatkan Kematian (Studi di Satlantas Polres Pasuruan). Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kejadian kecelakaan lalu lintas yang sebagian besar kecelakaan terjadi di daerah Pasuruan disebabkan karena kelalaian (kealpaan) seseorang (pelaku). Adapun permasalahan yang diteliti adalah, (1) Tindakan apa yang dilakukan polisi dalam menyelesaikan kasus kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian,(2) Bagaimana pertanggungjawaban pidana bagi pelaku kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian. Metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaitu pendekatan yang mengkaji suatu permasalahan dari aspek hokum dengan berpedoman pada pustaka dalam mengumpulkan bahan, selain itu data-data juga diambil dari penelitian dengan memperhatikan kenyataan-kenyataan yang ada di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada mengenai pertanggungjawaban pidana bagi pelaku kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang mengakibatkan kematian, bahwa pertanggungjawaban bagi pelaku kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan matinya seseorang tersebut adalah sanksi hokum sesuai dengan aturan yang berlaku. Selama proses penyidikan berlangsung, tersangka akan dimintai pertanggungjawaban dengan di tahannya tersangka di wilayah polres selama 20 hari. Setiap kasus kecelakaan yang terjadi di wilayah Polres Pasuruan akan ditangani oleh pihak kepolisian sampai selesai ketahap persidangan. Serta tindakan-tindakan yang dilakukan polisi dalam menyelesaikan kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi adalah menerima laporan, datangi TKP, olah TKP, penyidikan, pemberkasan, dan mengirim berkas ke PU. Tetapi sebagian besar dari kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi pihak kepolisian jarang menembusi perkara kecelakaan tersebut di Pengadilan, karena kebanyakan dari kasus-kasus yang ada tersangka jarang mendapatkan vonis, hanya sanksi materiil dan memberikan santunan kepada keluarga korban berupa biaya pengobatan,biaya pemakaman,dll. Menyikapi fakta-fakta tersebut, maka perlu kiranya pihak kepolisian meningkatkan pelayanan serta dapat menerapkan hukum yang berlaku dengan tepat dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas, serta masyarakat diharapkan lebih meningkatkan kesadaran hokum khususnya dalam berlalu lintas untuk menciptakan lalu lintas yang tertib dan aman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/239/051204717
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Dec 2012 10:42
Last Modified: 08 Apr 2022 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111342
[thumbnail of 051204717.pdf]
Preview
Text
051204717.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item