Efektifitas Pelayanan Publik Oleh Kantor Bersama Samsat Melalui Samsat Link Berdasarkan Peraturan daerah Provinsi Jawa timur Nomor 11 Tahun 2005 (Studi di Kantor Samsat Jombang),

Asmara, Triana Widya (2012) Efektifitas Pelayanan Publik Oleh Kantor Bersama Samsat Melalui Samsat Link Berdasarkan Peraturan daerah Provinsi Jawa timur Nomor 11 Tahun 2005 (Studi di Kantor Samsat Jombang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Efektifitas Pelayanan Publik Oleh Kantor Bersama Samsat Melalui Samsat Link Berdasarkan Peraturan daerah Provinsi Jawa timur Nomor 11 Tahun 2005. Karena pelayanan melalui Samsat Link di Gerbangkertasusila khususnya di wilayah Kabupaten Jombang merupakan bentuk inovasi baru yang melayani pembayaran pajak yang tidak terikat pada domisili wajib pajak. Peraturan dalam hal ini adalah aturan hukum yang memayungi pelayanan Samsat Link di kantor bersama Samsat Jombang yaitu Peraturan daerah Provinsi Jawa timur Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Pelayanan Publik di Provinsi Jawa timur dan Petunjuk Pelaksana Bersama Ditlantas Jatim, Dipenda, dan Jasa Raharja Nomor 13/11/1770/X/2004 dan nomor P/05/2004 Tentang Tata Laksana, Proses Pelayanan Samsat Link di Gerbangkertasusila serta surat dinas tanggal 14 oktober 2004 nomor 970/8176/101.21/2004 Perihal Petunjuk Pelaksana, Penetapan, Pembayaran dan Penyetoran PKB pada proses Samsat Link di wilayah Gerbangkertasusila. Dalam peraturan tersebut pada awalnya diperuntukkan untuk pelayanan Samsat Link di wilayah Surabaya pada tahun 2004. Pada saat itu pelayanan Samsat Link hanya mencakup wilayah Surabaya saja. Kemudian pada perkembangannya menjadi semakin luas dimana pelayanan Samsat Link di wilayah Gerbangkertasusila yang meliputi kota Gresik, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo dan Lamongan. Perkembangan ini terjadi secara berkala dalam kurun waktu tahun 2004 sampai 2008. Pelayanan Samsat Link di Kabupaten Jombang sendiri baru ada pada pertengahan 2009. Yang pada pelaksanaannya tersebut dikatakan masih belum maksimal dilihat dari latar belakang warga masyarakat yang tinggal di Kabupaten Jombang yang mayoritas penduduknya berkerja sebagai petani dan memiliki pendidikan yang rendah. Disamping kendala yang terdapat pada warga masyarakat, kendala lain yakni terdapat pada kantor bersama Samsat Jombang itu tersendiri yaitu dalam melaksanakan layanan Samsat Link ini adalah berupa kendala yang berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal). Berdasarkan hasil penelitian ,penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada ,bahwa dalam pelaksanaan layanan Samsat Link di wilayah Kabupaten Jombang diperlukan upaya konkrit dalam peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat. Dalam hal ini upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan eksternal yang dihadapi oleh Kantor Bersama Samsat Jombang dalam melaksanakan layanan samsat link adalah masyarakat atau wajib pajak adalah salah satu bagian yang penting dalam pelaksanaan layanan Samsat Link ini sehingga kantor bersama Samsat Jombang selalu berupaya agar layanan Samsat Link ini dapat benar-benar dimanfaatkan dengan baik. Dengan memberikan penyuluhan dan informasi yang berkaitan dengan Samsat Link tersebut dan upaya yang lain adalah dengan menempatkan pemandu simpatik yang diterjunkan langsung di pelantaran parkir Kantor Bersama Samsat Jombang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/236/051204714
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Dec 2012 09:33
Last Modified: 08 Apr 2022 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111339
[thumbnail of 051204714.pdf]
Preview
Text
051204714.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item