Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Berat Ringannya Putusan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian (Studi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan),

Secario, Juninto and Eny Harjati, SH., M.Hum. and Ismail Navianto, SH., MH, (2012) Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Berat Ringannya Putusan Terhadap Pelaku Tindak Pidana Pencurian (Studi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peran hakim dalam menegakkan keadilan sangatlah vital. Seorang hakim dalam menjatuhkan putusannya haruslah dijatuhkan secara cermat dan mencerminkan nilai keadilan yang seadil-adilnya, sebab putusan yang dijatuhkan hakim terhadap terdakwa sangat mempengaruhi nasib dan masa depan terdakwa. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan berat ringannya putusan yang dijatuhkan oleh hakim terhadap pelaku tindak pidana pencurian yang dijerat pasal 362 KUHP. Dari beberapa putusan meskipun dijerat pasal yang sama sering terdapat perbedaan lamanya waktu pidana penjara pada satu putusan dengan putusan yang lainnya. Dalam upaya mengetahui dan menganalisis realita putusan hakim terhadap tindak pidana pencurian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan hal-hal yang menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan berat ringannya putusan terhadap pelaku tindak pidana pencurian, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, yaitu pembahasan berdasarkan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari lapangan, semua hasil wawancara dengan narasumber, dan studi kepustaan kemudian dibahasdan dianalisis untuk menemukan pemecahan dan penyelesaia masalah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban atas permasalahan-permasalahan yang ada, Bahwa putusa nterhadap kasus tindak pidana pencurian antara tahun 2010 sampai 2011 mengalami peningkatan. Sedangkan dalam menjatuhkan putusannya hakim menggunakan keyakinannya dalam menentukan berat ringannya putusan. Hal yang mempengaruhi putusan hakim ini antara lain adalah barang bukti dan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan dan juga hal-hal yang melekat pada diriterdakwa, seperti akibat yang ditimbulkan dari tindakan terdakwa baik terhadap korban maupun terhadap masyarakat,atau sifat terdakwa selama menjalani sidang. Hal-ha ltersebutlah yang dijadikan hakim sebagai dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan berat ringannya putusan terhadap pelaku tindak pidana pencurian. Menyikapi fakta-fakta di atas, dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pencurian hakim diharapkan dapat menggali lebih dalam mengenai perkara yang ditanganinya tersebut dengan memperhatikan sebab-sebab dan latar belakang pelaku yang menyebabkan dia melakukan tindak pidana pencurian tersebut sehingga hakim dapat menjatuhkan putusan yang seadil-adilnya dirasa pantas untuk terdakwa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/235/051204713
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Dec 2012 15:20
Last Modified: 08 Apr 2022 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111338
[thumbnail of 051204713.pdf]
Preview
Text
051204713.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item