Analisis Yuridis Kontrak Baku Pembukaan Rekening PT Danareksa Sekuritas berdasarkan Asas-Asas Hukum Perjanjian dan Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.

Deviani, Novita Ratna (2012) Analisis Yuridis Kontrak Baku Pembukaan Rekening PT Danareksa Sekuritas berdasarkan Asas-Asas Hukum Perjanjian dan Pasal 18 Ayat (1) Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah kontrak baku pembukaan rekening dianalisis berdasarkan asas-asas hukum perjanjian dan Pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hal ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya jumlah masyarakat yang ingin berkecimpung di bidang pasar modal akibat beragamnya saham dan efek yang ditawarkan yang diimbangi dengan kemampuan membeli sekuritas yang menjadi lebih murah dengan teknologi yang memudahkan. Selain itu perjanjian pembukaan rekening yang merupakan pintu masuk dalam berinvestasi dipasar modal juga telah di buat dalam bentuk perjanjian baku atau kontrak baku, dimana penerapannya sangat memudahkan para pihak. produk yang beraneka ragam, jumlah investor yang sangat banyak pun dapat dibuatkan kesepakatan yang lengkap dalam waktu yang singkat. Karena keadaan yang demikianlah, peranan sektor hukum menjadi semakin krusial. Agar masyarakat yang dalam hal ini investor dapat selalu terlindungi hak-haknya. Sehingga pertanyaan yang kemudian muncul adalah apakah kontrak baku yang mudah dan praktis tersebut telah sejalan dengan asas-asas hukum perjanjian, dan apakah kontrak baku tersebut telah sesuai dengan ketetapan khusus tentang kontrak baku dalam undang-undang perlindungan konsumen. Dalam upaya mengetahui sesuai tidaknya kontrak baku pembukaan rekening perantara perdagangan efek atau sekuritas khususnya PT Danareksa Sekuritas berdasarkan asas hukum perjanjian dan pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Maka metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analisis. Mengkaji dan menganalisa kontrak berdasarkan asas –asas hukum dan undang-undang. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa kontrak baku Pembukaan Rekening PT Danareksa Sekuritas menunjukkan kesesuaian dengan Asas kepercayaan, asas persamaan hak dan asas moral. Tetapi tidak sesuai dengan asas kebebasan berkontrak, asas konsensualisme, asas kekuatan mengikat, asas keseimbangan, asas kepastian hukum dan asas kepatutan. Selain itu juga tidak sesuai dengan ketentuan Pasal 18 ayat (1) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Yakni Pasal 18 ayat (1) huruf d,f, dan g. Menyikapi ketidak sesuaian tersebut diatas, maka perlu kiranya pembuat undang-undang membuat pengaturan mengenai kontrak baku yang lebih ketat dengan dibebani kewajiban membacakan dan menjelaskan isi kontrak bagi pembuat kontrak baku agar tidak ada lagi kontrak-kontrak dalam kehidupan bermasyarakat yang tidak sesuai dengan asas hukum perjanjian. Bagi perantara perusahaan sekuritas menye suaikan kontrak baku pembukaan rekening dengan asas-asas hukum perjanjian dan pasal 18 ayat (1) agar masing-masing pihak memiliki hak dan kewajibannya yang seimbang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/232/051204710
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Dec 2012 14:10
Last Modified: 08 Apr 2022 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111335
[thumbnail of 051204710.pdf]
Preview
Text
051204710.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item