Modus Penjualan Dan Upaya Penanggulangan Produk Video Compact Disc (Vcd) Dan Digital Video Disc (Dvd) Bajakan Di Kota Malang

Yaqin, Choirul (2012) Modus Penjualan Dan Upaya Penanggulangan Produk Video Compact Disc (Vcd) Dan Digital Video Disc (Dvd) Bajakan Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun sebuah deskripsi mengenai modus penjualan VCD dan DVD bajakan serta mengenai bentuk penaggulangan penjualan VCD dan DVD bajakan di wilayah kota Malang. Metode yang digunakan adalah Metode Pendekatan Yuridis Kriminologis, sedangkan untuk menganalisa menggunakan deskriptif analitis, teknik pengumpulan data terdiri dari studi kepustakaan dan lapangan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Jenis sumber data yang digunakan penulis adalah sumber data primer yang diambil dari data kasus yang ada di kota Malang berdasar catatan dari Polres Malang Kota dan sumber data sekunder yang diambil dari literature-literatur serta sumber yang berkaitan dengan permasalahan, yang selanjutnya data tersebut dipelajari terlebih dahulu sebelum dianalisa. Penelitian ini dilakukan di wilayah kota Malang dengan responden dari penjual VCD dan DVD bajakan dan di Kepolisian Resort Malang Kota dengan responden dari petugas polisi yang menangani langsung masalah VCD dan DVD bajakan serta bagian data Reskrim Polres Malang Kota. Modus operandi yang digunakan penjual VCD dan DVD bajakan adalah dengan memajang VCD dan DVD asli tapi yang dijual adalah VCD dan DVD bajakan, menawarkan dengan harga yang lebih murah, memberikan bonus bagi pembeli yang membeli dengan jumlah tertentu. Upaya penanggulangan penjualan VCD dan DVD bajakan yang dilakukan oleh Polres Malang kota adalah dengan menggunakan upaya prefentif, represif, serta preentif. Adapun kesimpulan yang didapat dari penelitian tersebut ialah makin maraknya penjual VCD dan DVD bajakan di kota Malang karena kurang seriusnya pihak kepolisian dalam menangani penjualan VCD dan DVD bajakan sehingga para penjual VCD dan DVD bajakan semakin berani dalam melakukan usaha. Maka dengan demikian saran penulis adalah peningkatan kualitas SDM dalam pengungkapan kasus penjualanVCD dan DVD bajakan serta meningkatkan keseriusan pihak kepolisian dalam menanggulangi penjualan VCD dan DVD bajakan di kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/228/051204073
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2012 14:39
Last Modified: 08 Apr 2022 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111331
[thumbnail of 051204073.pdf]
Preview
Text
051204073.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item