Modus Operandi Penyelundupan Narkotika Dan Psikotropika Oleh Warga Negara Asing (Studi Kasus Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda)

Charolina, Farida (2012) Modus Operandi Penyelundupan Narkotika Dan Psikotropika Oleh Warga Negara Asing (Studi Kasus Di Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah modus operandi penyelundupan narkotika dan psikotropika oleh warga negara asing. Hal ini dilatarbelakangi dengan semakin maraknya kejahatan penyelundupan narkotika dan psikotropika yang dilakukan oleh warga negara asing. Penyebabnya adalah karena tingginya tingkat konsumsi narkotika dan psikotropika dan mahalnya harga jual narkotika dan psikotropika di Indonesia. Modus-modus operandi yang digunakan para pelaku juga beraneka ragam dan melibatkan warga negara asing dari berbagai negara. Bila berbicara tentang penyelundupan maka hal tersebut erat hubungannya dengan ekspor impor, dimana masalah tersebut merupakan tanggung jawab dari Direktorat Jenderal Bea Cukai, untuk wilayah Bandara Internasional Juanda dan sekitarnya ditangani oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Juanda. Dalam upaya mendeskripsikan, menjelaskan, dan menganalisis modus operandi penyelundupan narkotika dan psikotropika berikut hambatan yang dihadapi dan upaya mengatasi hambatan tersebut oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil Ditjen Bea Cukai, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, mengkaji dan menganalisis permasalahan dengan mengadakan penelitian langsung ke lokasi penelitian. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, Penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa modus operandi penyelundupan narkotika dan psikotropika di Bandara Internasional Juanda, berdasarkan cara membawa/menyelundupkan, yaitu dengan cara penyembunyian di dalam badan, di luar badan, dan diselipkan di dalam barang-barang bawaan pelaku. Kurirnya berasal dari golongan penduduk Timur Asing, yaitu warga negara Taiwan, Thailand, China, Iran, Malaysia, Philipina, India, Vietnam. Jenis narkotika dan psikotropika yang sering diselundupkan, yaitu heroin dan methampetamin atau shabu-shabu dan ecstacy. Hambatan Penyidik Pegawai Negeri Sipil dalam mengungkap kasus tersebut adalah dalam hal bahasa, kurangnya peran serta masyarakat, serta modus operandinya yang beraneka ragam. Upaya untuk mengatasinya dengan mendatangkan penerjemah yang kompeten, meningkatkan sosialisasi untuk pemahaman undang-undang terkait narkotika dan psikotropika, serta optimalisasi SDM dan peralatan pendukungnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/226/051204071
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2012 15:45
Last Modified: 08 Apr 2022 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111329
[thumbnail of SKRIPSI_BAG._2.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_BAG._2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item