Penanggulangan Kasus Illegal Mining Hutan Lindung Sungai Wain Di Kota Balikpapan ( Studi di POLRESTA Balikpapan dan Badan Lingkungan Hidup Balikpapan ).

Wiharti, NisSri (2012) Penanggulangan Kasus Illegal Mining Hutan Lindung Sungai Wain Di Kota Balikpapan ( Studi di POLRESTA Balikpapan dan Badan Lingkungan Hidup Balikpapan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas menganai Penanggulangan Kasus Illegal Mining Hutan Lindung Sungai Wain Di Kota Balikpapan (Studi di POLRESTA Balikpapan dan Badan Lingkungan Hidup Balikpapan). Hal ini di latarbelakangi karena telah terjadi di daerah hutan lindung. Yang di mana seharusnya hutan lindung merupakan suatu pemanfaatan kawasan pada hutan lindung dalam segala bentuk usaha yang menggunakan kawasan dengan tidak mengurangi fungsi utama, tidak merusak lingkungan segala bentuk kegiatan, untuk mengambil hasil hutan bukan kayu dengan tidak merusak fungsi utama kawasan hutan lindung. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya illegal mining di hutan lindung Sungai Wain, upaya penanggulangan kasus illegal mining hutan lindung Sungai Wain, dan kendala-kendala penindak dalam menanggulangi Illegal Mining di Kota Balikpapan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian hukum empiris, yaitu dengan mengidentifikasi, mengkaji, serta menganalisis penanggulangan kasus illegal mining di hutan lindung Sungai Wain kota Balikpapan. Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan Yuridis Empiris. Menggunakan pendekatan yuridis empiris yang mencakup penelitian terhadap identifikasi hukum (tidak tertulis) dan penelitian terhadap efektivitas hukum. Dari Hasil penelitian, upaya penangulangan yang dilakukan oleh pemerintah Balikpapan antara lain, menambah personil atau menambah anggota dan lebih sering melakukan patroli khusunya di daerah yang sering terjadi illegal mining, segera melaporkan apabila ada kegiatan yang mencurigakan kepada pihak yang berwenang untun menindak lanjuti laporan yang sudah diterima, memberikan pengarahan terhadap masyarakat atas dampak dan pengetahuan tentang pertambangan, serta segera melaporkan apabila mengetahui ada tindakan yang mencurigakan, menyarankan kepada pemerintah agar bertindak lebih tegas dalam upaya pembuatan buffer zone antar kedua kota yang bertetangga ini dan agar sesegera mungkin membuat peraturan tertulis secara tegas dan nyata. Hambatan dalam menangani kasus penangggulangan kasus illegal mining hutan lindung sungai wain kota Balikpapan adalah susahnya menjalankan tugas yang berhubungan dengan pertambangan. Kota Balikpapan tidak memiliki peraturan yang menegaskan bahwa pertambangan dilarang di Balikpapan secara tertulis, keinginan pemerintah Balikpapan dalam menjaga lingkungan dan mempertahankan hutan-hutan yang ada saat ini, perbedaan pandangan terhadap hasil alam yang terkandung di dalam bumi Kalimantan menjadikan banyak perbedaan yang terjadi antar setiap Pemerintah. Meskipun ada larangan dilarang menambang di Kota Balikpapan masih saja ada yang melanggar diakibatkan oleh peraturan yang sudah ada kalah dengan kebijakan, yang memberikan kebijakan adalah pihak yang memiliki kewenangan dan kepentingan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/218/051204063
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2012 15:50
Last Modified: 08 Apr 2022 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111321
[thumbnail of BAB_V_ku.pdf]
Preview
Text
BAB_V_ku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_ku.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_ku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_ku.pdf]
Preview
Text
BAB_I_ku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_ku.pdf]
Preview
Text
BAB_III_ku.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_ku.pdf]
Preview
Text
BAB_II_ku.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item