Hambatan K.U.A Dalam Upaya Mencegah Pelaksanaan Perkawinan Yang Tidak Di Catatkan (Studi Implementasi Pasal 2 (2) UU No. 1 Tahun 1974 Di Kecamatan Karangploso),

Budiyani, Karina (2012) Hambatan K.U.A Dalam Upaya Mencegah Pelaksanaan Perkawinan Yang Tidak Di Catatkan (Studi Implementasi Pasal 2 (2) UU No. 1 Tahun 1974 Di Kecamatan Karangploso),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Hambatan KUA dalam Upaya Mencegah Pelaksanaan Perkawinan yang Tidak Di Catatkan. Hal ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya perkawinan yang tidak dicatatkan secara resmi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dalam hal ini di atur dalam pasal 2 (2) UU No. 1 tahun 1974 tentang perkawinan. Dalam upaya mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan oleh KUA dalam mencegah perkawinan yang tidak dicatatkan yang terjadi di kecamatan karangploso kabupaten malang maka metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis yaituyaitu pendekatan yang mengkaji dan menganalisis permasalahan secara jelas dan rinci untuk mendapatkan suatu kesimpulan berdasarkan data lapangan, kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa hambatan yang dihadapi oleh pihak KUA dalam upayanya mencegah perkawinan yang tidak dicatatkan didasari oleh hambatan dari segi adat dan budaya, hambatan dari segi umur, hambatan dari segi ekonomi dan hambatan dari segi waktu, kemudian untuk meminimalisir masalah tersebut upaya yang dapat dilakukan oleh pihak KUA yaitu dengan melakukan penyuluhan tentang perkawinan dan pentingnya mencatatkan perkawinan di KUA untuk kemudahan administrasi berikutnya yang akan terjadi, upaya tersebut dapat dilakukan langsung oleh KUA maupun dapat diwakilkan oleh mudin dusun setempat sebagai kepanjangantangan dari KUA. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas, maka perlu kiranya pemerintah memberikan perhatian lebih untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan ketentuan pasal 2 (2) Undang-undang No.1 tahun 1974.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/215/051204060
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Oct 2012 15:07
Last Modified: 08 Apr 2022 02:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111318
[thumbnail of 051204060.pdf]
Preview
Text
051204060.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item