Lembar Persetujuan Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Kontrak Baku Pembiayaan Konsumen (Studi Di Adira Finance Kepanjen Kabupaten Malang)

Sari, YunitaIka (2012) Lembar Persetujuan Penerapan Asas Kebebasan Berkontrak Dalam Kontrak Baku Pembiayaan Konsumen (Studi Di Adira Finance Kepanjen Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Penerapan Asas kebebasan Berkontrak dalam Kontrak Baku Pembiayaan Konsumen di Adira Finance Kepanjen Malang. Latar belakang skripsi ini adalah banyak sekali Lembaga Pembiayaan yang muncul di masyarakat Indonesia menandakan bahwa masyarakat sangat membutuhkan Lembaga Pembiayaan untuk menjadi Lembaga Penjamin ketika muncul keinginan melakukan kredit barang yang tidak mampu untuk membeli secara tunai maka disitulah peran Lembaga Pembiayaan berfungsi. Masalah yang dirumuskan meliputi Bagaimana Penerapan asas kebebasan berkontrak di Adira Finance, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan asas kebebasan berkontrak pada perjanjian pembiayaan Konsumen di Adira Finance. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah Yuridis Sosiologis yaitu penelitian yang berusaha untuk mengidentifikasi hukum dan melihat efektifitas hukum dan seberapa akurat masalah dalam penelitian ketika diihubungkan dengan situasi yang terjadi di masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa Adira Finance Kepanjen menerapakan asas kebebasan berkontrak dalam perjanjian pembiayaan sesuai dengan Pasal 1338 ayat (1) KUH Perdata. Hal ini dibuktikan dengan adanya perjanjian yang diserahkan kepada nasabah dalam penentuan objek yang dipilih, mau dan tidak mau nasabah melakukan perjanjian diserahkan kepada nasabah, penentuan Down Payment (DP) yang disanggupi nasabah, penentuan tanggal jatuh tempo, dengan siapa nasabah akan melakukan perjanjian. Untuk 1 (satu) ruang lingkup yang tidak diterapkan Adira Finance mengenai syarat-syarat perjanjian tidak bisa dirubah karena itu adalah bagian dari standart sistem Perusahaan yang dijalankan. Perjanjian yang dibuat secara sepihak berupa kontrak baku menimbulkan opini bahwa perjanjian tersebut tidak menganut asas kebebasan berkontrak, padahal dalam kenyataannya ketika seseorang terpaksa untuk menandatangani kontrak baku yang dibuat oleh salah satu pihak, maka secara langsung pihak tersebut tunduk dan terikat dengan isi kontrak tersebut karena tanda tangan merupakan symbol sebuah kesepakatan yang terjadi diantara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/199/051204044
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 10:39
Last Modified: 08 Apr 2022 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111304
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item