Implementasi Pasal 1 Butir 9 Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Retribusi Tanda Masuk Dan Penggunaan Fasilitas Tempat Rekreasi Dan Olah Raga (Studi Pada Dinas Kebudayaan D

Daulinsa, EkoSugiono (2012) Implementasi Pasal 1 Butir 9 Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Retribusi Tanda Masuk Dan Penggunaan Fasilitas Tempat Rekreasi Dan Olah Raga (Studi Pada Dinas Kebudayaan D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomer 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Tanda Masuk dan Penggunaan Fasilitas Tempat Rekeasi dan Olah Raga bertujuan agar semua aset daerah yang berupa tempat reksreasi dan olah raga dapat memberikan pemasukan bagi pemerintah daerah yang bertujuan untuk meningkatkan keuangan daerah yang juga akan digunakan bagi kepentingan masyarakat dan pembangunan didaerah Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan Pasal 1 butir 9 Peraturan Daerah Nomer 12 Tahun 2011, bagaimana implementasinya dilapangan, apa saja hambatan-hambatan yang timbul dalam pelaksanaan peraturan ini, dan upaya apa sajakah yang akan dilakukan untuk dapat melaksanakan maksud dan tujuan peraturan ini. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian Empiris dengan pendekatan yuridis sosiologis dengan lokasi penelitian di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi, serta dengan melakukan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 dapat berasal dari internal dan eksternal Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang yang meliputi peraturan hukumny,keadaaan obyek retribusi,kebijakan, dan termasuk juga para pihak terkait dalam pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2011 tentang Retribusi Tanda Masuk dan Penggunaan Fasilitas Tempat Rekeasi dan Olah Raga. Upaya yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Magelang dalam mengatasi hambatannya yang bertujuan untuk mengoptimalkan peraturan tersebut dengan melakukan penggalian potensi retribusi daerah dengan pembangunan fisik tempat rekreasi dan olah raga sehingga menarik bagi pengunjung, meningkatkan profesionalisme petugas dengan mengadakan diklat dan seminar-seminar,melakukan promosi dan pemasaran obyek wisata serta melakukan pengawasan yang intensif dalam pemungutan retribusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/190/051204035
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Oct 2012 10:17
Last Modified: 06 Sep 2023 01:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111296
[thumbnail of 7._RETRIBUSI_TEMPAT_REKREASI_DAN_OLAH_RAGA_DI_KABUPATEN_MAGELANG.pdf]
Preview
Text
7._RETRIBUSI_TEMPAT_REKREASI_DAN_OLAH_RAGA_DI_KABUPATEN_MAGELANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item