Upaya Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Pemerintah Kabupaten Badung Dalam Meningkatkan Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad)

Sughandiko, Tunjung (2012) Upaya Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Pemerintah Kabupaten Badung Dalam Meningkatkan Kontribusi Pajak Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti terhadap berbagai upaya yang terus menerus dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah terutama dari Sektor Pajak Daerah sesuai dengan Potensi yang dimilikinya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Yuridis Sosiologis. Lokasi penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Pemerintah Kabupaten Badung dengan mengambil sampel Kepala Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung, dan menggunakan teknik wawancara dengan kuisoner secara terbuka serta ditunjang dengan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa potensi Pajak Daerah yang terdapat di Kabupaten Badung terdiri dari Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Galian Golongan C dan Pajak Air Bawah Tanah. Potensi terbesar Pendapatan Asli Daearah Kabupaten Badung adalah kontribusi dari Pajak Hotel dan Pajak Restoran. Hal ini dapat dimaklumi karena Kabupaten Badung memiliki kawasan wisata Nusa Dua, kawasan wisata Kuta dan Kawasan wisata Tuban yang menjadi primadona kepariwisataan di Bali. Upaya-upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kontribusi Pajak Daerah terhadap PAD Kabupaten Badung adalah : a) Dengan mengeluarkan kebijakan yang mengarah pada upaya peningkatan pengelolaan PAD dengan mengutamakan asas efisiensi dan efektivitas. b) Menerpakan sistem pendapatan yang sistematis, kualitatif, kuantitatif dan formulatif dalam menentukan potensi pajak. c) Menerapkan mekanisme pembayaran pajak secara transparan, mudah dan cepat melalui pelayanan antar jemput. d) Memberikan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi Kompetensi dan Sistem Informasi Manajemen Pajak Daerah. e) Mengadakan Sosialisasi kepada masyarakat secara berkesinambungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan kepatuhan untuk membayar pajak Sedankan saran yang bisa diberikan untuk Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung adalah agar Dinas Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung Kabupaten Badung tidak hanya mengandalkan Pajak Hotel dan Restoran saja, karena sebenarnya potensi pajak lain masih sangat menjanjikan di masa yang akan datang. Oleh karena itu Intensifikasi dan Ekstensifikasi perlu terus dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/189/051204034
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Oct 2012 10:12
Last Modified: 22 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111294
[thumbnail of Skripsi_TUNJUNG.pdf]
Preview
Text
Skripsi_TUNJUNG.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item