Dampak Psikologis Yang Dialami Narapidana Dalam Menjalani Masa Hukuman (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja Bali)

Setiawan, IGustiNgurahOkaPutra (2012) Dampak Psikologis Yang Dialami Narapidana Dalam Menjalani Masa Hukuman (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Dampak Psikologis Yang Dialami Narapidana Dalam Menjalani Masa Hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja. Hal ini dilatarbelakangi oleh tindak pidana yang semakin berkembang dari tahun ketahun, dampak atau perubahan pola perilaku masing-masing individu terhadap lamanya menjalani masa hukuman, keberadaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja sebagai tempat menjadikan narapidana atau tahanan sebagai anggota masyarakat yang dapat mendukung kebaikan dan ketertiban dalam masyarakat, peranan petugas Lembaga Pemasyarakatan sangat menentukan berhasil atau tidaknya dalam melakukan pembinaan terhadap narapidana pelaku tindak pidana, karena semua itu diberikan dengan maksud agar setelah narapidana tesebut selesai menjalani masa hukumannya dapat menjadi manusia di masa depan, baik untuk dirinya sendiri, masyarakat maupun Negara. Populasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah semua narapidana yang berada dalam Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja, yaitu sebanyak 7 (tujuh) orang dari jumlah narapidana seluruhnya 160 (seratus enam puluh) orang dan adri petugas Lembag Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja antara lain : Kasi Perawatan dan Pembinaan narapidana, Kasubag Tata Usaha, Kepala Bagian Umum, Kepala Bagian Keuangan dan Kepegawaian, Kasi Registrsi. Metode pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara dan studi pustaka. Metode analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pola pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja adalah mengajarkan pola hidup rukun sesama Warga Binaan Pemasyarakatan dan dengan pembina agar terjalin persaudaraan. Hal ini terlihat dari para sikap Narapidana yang mampu bergaul dengan baik, selama melakukan survei yang terlihat adalah kurangnya tenaga pembina yang ahli dalam hal psikologi yang terdapat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja. Pembinaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja benar-benar berhasil dan memberikan hasil positif bagi semua narapidana yang ada dan dapat kembali hidup layak ditengah-tengah masyarakat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/181/051204026
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 08:47
Last Modified: 22 Oct 2021 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111288
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item