Pengaturan Zona Berusaha Bagi Toko Modern Minimarket Berstatus Waralaba Sehingga Tidak Mematikan Pedagang Di Pasar Tradisional (Study Di Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Pasar Kabupaten Malang)

Indradini, Dwi Yana (2012) Pengaturan Zona Berusaha Bagi Toko Modern Minimarket Berstatus Waralaba Sehingga Tidak Mematikan Pedagang Di Pasar Tradisional (Study Di Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Pasar Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Pengaturan Zona Berusaha Bagi Toko Modern Minimarket Berstatus Waralaba Sehingga Tidak Mematikan Pedagang di Pasar Tradisional (Studi di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar Kabupaten Malang). Toko modern minimarket berstatus waralaba saat ini berkembang cukup pesat dalam dunia usaha, khususnya di Kabupaten Malang. Semakin berkembangnya usaha minimarket ini, keberadaannya banyak berdiri di dekat pasar tradisional, yang kemudian berakibat banyaknya konsumen beralih ke minimarket, sehingga hal ini merugikan bagi para pedagang pasar yang dirasakan dengan menurunnya pendapatan mereka. Para pedagang pasar tradisional ini dengan diwakili oleh Ketua Persatuan Pedagang Kabupaten Malang menyampaikan keberatan dan protesnya kepada pemerintah Daerah agar segera mengani permasalahan ini. Apabila kerugian yang dirasakan oleh pedagang pasar tradisional ini terus berlangsung, maka dampaknya juga pada matinya perdagangan di pasar tradisional itu, sehingga akan mempengaruhi perekonomian di daerah tersebut.Pengaturan hukum mengenai persaingan usaha sendiri diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 1999, akan tetapi keberadaan toko modern minimarket yang berada berdekatan dengan pasar tradisional tidak termasuk dalam kegiatan yang dilarang dalam Undang-Undang tersebut. Oleh karena itu sesuai dengan keputusan KPPU No: 03/KPPU-L-I/2000 perlu adanya pengaturan Kusus dari pemerintah daerah setempat guna melindungi keberadaan pasar tradisional agar tidak semakin terpuruk oleh keberadaan toko modern minimarket berstatus waralaba tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara, sedangkan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan, studi dokumen, dan akses internet. Selanjutnya, seluruh data yang ada dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa pengaturan zona berusaha bagi toko modern minimarket berstatus waralaba sehingga tidak mematikan pedagang di pasar tradisional adalah dengan segera membuat peraturan daerah khusus mengatur tentang zonasi dan mengefektifkan pelaksanaan peraturan dan membuat kebijakan-kebijakan guna melindungi para pedagang kecil khususnya pedagang di pasar tradisional, dimana dalam peraturan tersebut mengatur mengenai masalah jarak/ lokasi pendirian toko modern minimarket dengan pasar tradisional dan tata ruang, perizinan bagi pendirian toko modern minimarket berstatus waralaba agar keberadaannya tidak berdekatan dengan pasar tradisional, jam buka serta lingkungan sosial yang berdekatan dengan pendirian toko modern minimarket berstatus waralaba tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/176/051204021
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 13:40
Last Modified: 08 Apr 2022 01:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111282
[thumbnail of skripsi_Dwi_yana_Indradini_(0810113272).pdf]
Preview
Text
skripsi_Dwi_yana_Indradini_(0810113272).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item