Perlindungan Hukum Terhadap Investor Publik Oleh Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan (Bapepam-Lk) Dalam Rangka Corporate Action Perusahaan Publik Berupa Shareswap. (Studi Kasus Pt. Mobile-

Yasputri, YennyPuji (2012) Perlindungan Hukum Terhadap Investor Publik Oleh Badan Pengawas Pasar Modal Dan Lembaga Keuangan (Bapepam-Lk) Dalam Rangka Corporate Action Perusahaan Publik Berupa Shareswap. (Studi Kasus Pt. Mobile-. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Shareswap merupakan bagian dari Transaksi Efek. Pengertian shareswap adalah setiap aktifitas atau kontrak dalam rangka memperoleh, melepaskan, atau menggunakan Efek yang mengakibatkan terjadinya pengalihan kepemilikan atau tidak mengakibatkan terjadinya pengalihan kepemilikan. Shareswap salah satu tindakan aksi korporasi (corporate action) berupa pengalihan asset dalam bentuk saham suatu Perusahaan ditukar dengan asset atau aktiva lainnya dapat berupa saham dari Perusahaan lainnya, dengan tujuan untuk mengambilalih suatu Perusahaan. Penelitian ini akan membahas tindakan corporate action PT Mobile-8 Telecom Tbk (Mobile-8) berupa shareswap. Mobile-8 merupakan Perseroan yang maksud dan tujuannya adalah melakukan kegiatan usaha dalam bidang telekomunikasi. Mobile-8 melakukan Penawaran Umum Terbatas (PUT) atas Saham Seri B dengan cara menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) dan membagikannya kepada para pemegang Saham Seri A atau Saham Seri B Perseroan, yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) Perseroan. Akibat dari PUT I dapat menimbulkan kerugian bagi investor publik disebabkan terjadinya dilusi kepemilikan saham investor publik di Mobile-8, dan adanya persyaratan tertentu (conditional clause) dalam Perjanjian Pembelian Sisa Saham Dalam Rangka PUT I Mobile-8 berupa konversi pembayaran HMETD menggunakan saham Smartel, sebab lainnya adalah tidak diperolehnya dana segar bagi Mobile-8 untuk keperluan pengembangan Mobile-8 itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan kasus (case approach). Bahan hukum dan bahan non-hukum yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode interpretasi sistematis, yaitu interpretasi dengan melihat kepada hubungan diantara aturan dalam suatu undang-undang yang saling berhubungan, untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Berdasar hasil penelitian bentuk perlindungan hukum oleh Bapepam dan LK terhadap investor publik dalam rangka corporate action Mobile-8 berupa shareswap dengan rangkaian HMETD, yaitu dengan mensyaratkan adanya full disclosure serta pemenuhan peraturan Bapepam dan LK dalam prospektus penawaran HMETD Mobile-8 sebagai langkah preventif untuk mencegah kerugian investor publik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/161/051202405
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 14:11
Last Modified: 22 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111267
[thumbnail of 051202405.pdf]
Preview
Text
051202405.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item