Upaya Dinas Pendapatan Kota Malang Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak Reklame Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah (Studi Di Kantor Di

Purnama, RendikEka (2012) Upaya Dinas Pendapatan Kota Malang Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Melalui Pajak Reklame Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 16 Tahun 2010 Tentang Pajak Daerah (Studi Di Kantor Di. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah upaya apa sajakah yang dilakukan Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame dan Apakah hambatan-hambatan yang timbul dalam upaya Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame serta Bagaimana solusinya. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya yang dilakukan Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang hambatan-hambatan yang timbul dalam upaya Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang cara Dinas Pendapatan Kota Malang mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam upayanya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame. Metode pendekatan yang digunakan di dalam penulisan ini adalah metode Yuridis Sosiologis. Lokasi penelitiannya berada di Dinas Pendapatan Kota Malang dengan alasan bahwa Dinas Pendapatan Pemerintah Kota Malang adalah lembaga yang berwenang untuk menangani Pendapatan Asli Daerah Kota Malang dari Pajak Reklame yang menjadi titik fokus penelitian, sehingga diharapkan dapat ditemukannya data-data yang berhubungan dengan permasalahan yang diangkat. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah Jenis data primer adalah data dan Informasi yang diperoleh atau diterima dari hasil penelitian atau narasumber dengan melakukan studi di lapangan, dan jenis data sekunder Studi kepustakaan yang diperoleh dari dokumentasi di lokasi penelitian, perpustakaan serta hasil penelusuran di internet. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan cara wawancara dengan intansi Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang yang terkait dengan permasalahan yang peneliti akan teliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis yaitu dengan cara menggambarkan keadaan-keadaan dari obyek yang diteliti di lapangan kemudian diambil kesimpulan dan kejelasan yang merupakan hasil analisis berdasarkan kenyataan dari permasalahan mengenai upaya apa sajakah yang dilakukan Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame dan apakah hambatan-hambatan yang timbul dalam upaya Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame serta Bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan yang timbul dalam upaya Dinas Pendapatan Kota Malang untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Reklame, yang akan diteliti dengan cara memaparkan data melalui pengamatan dari literatur Perundang-Undangan dan buku-buku yang berkaitan dengan meningkatkan anggaran Pendapatan Asli Daerah, dengan memberikan kesimpulan. Untuk meningkatkan dan mengoptimalkan pajak reklame maka pihak Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang memiliki upaya-upaya yaitu, dengan melakukan memperkuat proses pemungutan, pengawasan pemungutan pajak reklame, melakukan koordinasi dengan instansi terkait (Satpol PP dan Dinas Pendapatan Daerah). Adapun hal-hal yang menghambat Penerimaan Pajak Reklame dalam rangka Peningkatan PAD xii Kota Malang yaitu dengan terbatasnya jumlah tenaga Fiskus, terbatasnya sarana dan prasarana, kurangnya pengawasan karena pengawasan berfungsi sebagai alat kontrol penyimpangan atau penyelewengan yang dapat merugikan organisasi secara keseluruhan dan faktor dari wajib pajak itu sendiri, tidak di pungkiri kesadaran akan membayar pajak di masyarakat masih rendah, tapi ini memang menjadi tantangan tersendiri untuk Dispenda itu sendiri untuk selalu mensosialisasikan taat membayar pajak daerah khususnya pajak reklame dengan berbagai cara. Banyaknya kendala yang ada maka pihak dinas pendapatan daerah melakukan solusi-solusi untuk mengatasi hambatan peningkatan PAD melalui pajak reklame yaitu, Intensifikasi pajak reklame melalui upaya meningkatkan penerimaan pajak reklame dengan memaksimalkan potensi yang ada dan perluasan objek pajak reklame untuk meningkatkan jumlah penerimaan pajak reklame tentu perlu selalu adanya perluasan cakupan objek pajak reklame, dalam dunia periklanan sangat berkaitan dengan dunia informasi dan teknologi yang setiap saat selalu dinamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/148/051202392
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Oct 2012 13:54
Last Modified: 22 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111255
[thumbnail of SKRIPSI_RENDIK_EKA_PURNAMA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RENDIK_EKA_PURNAMA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item