Upaya Pihak Rekber (Rekening Bersama) Selaku Pihak Ke-Iii Pada Transaksi Online Dalam Menghadapi Implementasi Pasal 69 Undang-Undang No. 3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana (Studi Di Forum Jual Beli Ka

Suardana,IKomang (2012) Upaya Pihak Rekber (Rekening Bersama) Selaku Pihak Ke-Iii Pada Transaksi Online Dalam Menghadapi Implementasi Pasal 69 Undang-Undang No. 3 Tahun 2011 Tentang Transfer Dana (Studi Di Forum Jual Beli Ka. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini sangat pesat salah satunya adalah jual-beli menggunakan media internet yaitu business online. Penyedia tempat jual-beli online adalah Forum Jual Beli Kaskus.us. Pada kegiatan jual-beli pada FJB tersebut tidak hanya ada pihak penjual dan pembeli, namun terdapat juga pihak ke-III yaitu Rekber. Rekber dalam FJB ini merupakan penyelenggara transfer dana, yang berfungsi menjadi pihak yang memberikan jasa transfer dana agar meminimalkan resiko penipuan antara pihak pejual dan pembeli. Akan tetapi, Rekber yang hanya perorangan ini dihadapkan pada kewajiban pada pasal 69 Undang-Undang No.3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana yang mewajibkan penyelenggara transfer dana haruslah berbadan hukum dan mendafatkan izin dari BI. Berdasarkan latar belakan tersebut ditemukan beberapa permasalahan, yaitu bagaimana upaya pihak Rekber dalam menghadapi kewajiban pasal 69 UU No.3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana dan faktor pendukung dan penghambat yang diahadapi Rekber dalam upaya persiapan melaksanakan kewajiban tersebut. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis karena melihat dan meneliti mengenai upaya pihak rekber dalam menghadapi implementasi pasal 69 UU No.3 Tahun 2011 tentang transfer dana. Lokasi penelitian ini adalah di situs website Kaskus.us karena di situs tersebut terdapat jasa Rekber (transfer dana). Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh rekber yang terdapat didalam situs kaskus.us dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus. Kemudian seluruh data yang ada dianalisis secara deskriptif kualitatif Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahaan adalah upaya yang dilakukan rekber yaitu membuat badan usaha berbadan hukum koperasi dan Perseroan Terbatas. Upaya yang dilakukan mengenai persyaratan koperasi adalah rekber masih mencari rekan yang mau bekerja sama untuk mendirikan koperasi dan memenuhi syarat lainnya sesuai UU No.25 Th 1992 tentang Perkoperasian. Sedangkan upaya yang dilakukan terhadap pendirian sebuah PT adalah rekber akan mengajak rekannya untuk mendirikan sebuah PT yang legal sesuai UU No.40 Th 2007 tentang PT. Akan tetapi upaya ini terkendala oleh modal, rekber belum mempunyai cukup modal untuk mendirikan PT. Faktor pendukung rekber dalam mempersiapkan upaya dari segi yuridis yaitu untuk memperoleh kepastian hukum akan statusnya. Dari segi non yuridis yaitu meneruskan pekerjaan yang menjadi prioritasnya, dan ingin membantu meminimalkan resiko penipuan antara penjual dan pembeli. Sedangkan dari faktor penghambat, faktor yuridisnya adalah belum adanya Peraturan Pelaksana UU ini, ketidakmengertian mengenai UU dan sanksinya. Sedangkan dari non yuridis yaitu faktor kesulitan modal, waktu, sumber daya manusia (SDM) dan birokrasi yang berbelit-belit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/141/051202197
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jun 2012 14:19
Last Modified: 22 Oct 2021 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111248
[thumbnail of 051202197.pdf]
Preview
Text
051202197.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item