Peran Asean Dalam Penyelesaian Sengketa Penentuan Perbatasan Di Kawasan Laut Cina Selatan (Kasus Sengketa Perbatasan Laut Antara Vietnam, Filiphina, Dan Cina.

Soewandi,YBChristianPutro (2012) Peran Asean Dalam Penyelesaian Sengketa Penentuan Perbatasan Di Kawasan Laut Cina Selatan (Kasus Sengketa Perbatasan Laut Antara Vietnam, Filiphina, Dan Cina. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas peran ASEAN terhadap keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara, khususnya mengenai peran ASEAN terhadap penyelesaian sengketa penentuan perbatasan negara-negara yang berada di kawasan Laut Cina Selatan. Serta penulis juga membahas hambatan-hambatan yang terjadi dalam penyelesaian sengketa mengenai persoalan di Laut Cina Selatan. Hal yang turut memberi kontribusi terhadap penelitian skripsi ini juga memasukkan faktor-faktor yang terjadi di kawasan Laut Cina Selatan. Maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan statuta approach dan case approach serta mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan secara yuridis dengan mengunakan system library research dan based on rules research kemudian akan dianalisa dengan mengelompokkan data dan sumber yang berdasarkan pada kasus dan melakukan secara deskriftif analitis. Berdasarkan hasil penelitian penulis, permasalahan yang ada bahwa terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi sengketa yang terjadi di kawasan Laut Cina Selatan, berupa klaim dan kepentingan masing-masing negara terhadap Laut Cina Selatan. Mengenai permasalahan pertama, yakni peran ASEAN yang dilakukan, ASEAN memiliki panduan ataupun landasan yuridis dalam menjaga dan turut mengembangkan perdamaian dan keamanan serta penyelesaian sengketa terhadap persoalan di Laut Cina Selatan yang berdasarkan ASEAN Charter , ASEAN Security-Political Community Blueprint (ASPC), Treaty Amity and Cooperation (TAC), serta perjanjian antar negara yang bersengketa di Laut Cina Selatan yaitu eclaration of Conduct (DOC) yang merupakan kesepakatan antar negara dan penyelesaian berdasarkan penyelesaian secara damai kemudian berkembang dengan dirancangnya Code of Conduct (COC), serta penyelesaian sengketa yang berdasarkan United Nations Conventions Law of The Sea (UNCLOS 1982). Selain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/125/051202030
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jun 2012 09:42
Last Modified: 22 Oct 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111230
[thumbnail of 051202030.pdf]
Preview
Text
051202030.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item