Upaya Persiapan Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Sebagai Potensi Pendapatan Asli Daerah Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pajak Pajak Daerah (Studi Di D

Hatta,Muhammad and Agus Yulianto,SH,MH. and Lutfi Effendi,SH,M.Hum. (2012) Upaya Persiapan Pemungutan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Sebagai Potensi Pendapatan Asli Daerah Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pajak Pajak Daerah (Studi Di D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Upaya Persiapan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan sebagai Potensi Pendapatan Asli Daerah berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Bulungan Nomor 9 Tahun 2011 Tentang Pajak pajak Daerah. Hal ini dilatarbelakangi dengan disahkanya Undang-undang No.28 Tahun 2009 , per 2014 PBB P2 akan sepenuhnya ditangani oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Sebagai salah satu kabupaten yang menerima pendaerahan PBB P2 perlu kesiapan yang serius secara efesien dan efektif bagi Pemerintah Daerah dalam proses pengalihan PBB P2 menjadi pajak Daerah baik dari segi administrasi, legalitas, sumber daya manusia, kelembagaan, maupun sarana dan prasarana mengingat pajak ini secara administrasi cukup rumit dan mahal sehingga dapat menjadi sumber pandapatan daerah dalam membiayai pembangunan. Dalam mengetahui upaya persiapan pemungutan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan sebagai potensi pendapatan asli daerah berdasarkan Perda No.9 Tahun 2011 Tentang Pajak-pajak Daerah yang dilakukan oleh Dinas Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Bulungan berikut kendala-kendala yang ditemukan dalam pelaksanaanya. Maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis untuk meneliti persoalan-persoalan hukum dengan cara menganalisa hukum yang bukan hanya sebagai suatu perangkat perundang-undangan yang bersifat normatif, melainkan pendekatan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang dikaitkan dengan fakta yang ada atau realita di lapang. Jenis dan sumber data terdiri dari data primer, dengan metode wawancara, yang dilengkapi dengan melakukan data sekunder melalui studi pustaka dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/123/051202028
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jun 2012 14:57
Last Modified: 15 Nov 2021 00:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111228
[thumbnail of SKRIPSI_ok.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ok.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi_ok.pdf]
Preview
Text
daftar_isi_ok.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item