Pelaksanaan Lelang Agunan Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Malang Terkait Penentuan Harga Obyek Agunan Milik Debitur

Kurniawan,FajriIqbal (2012) Pelaksanaan Lelang Agunan Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Malang Terkait Penentuan Harga Obyek Agunan Milik Debitur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kredit merupakan salah satu bentuk produk yang ditawarkan oleh bank. Dalam memberikan kredit kepada nasabah, bank selalu memberikan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam kontrak baku, Hal-hal yang diatur dalam kontrak baku perjanjian kredit meliputi syarat-syarat yang harus dilakukan oleh nasabah sebelum kredit tersebut dikucurkan dan hal-hal yang harus dilakukan oleh nasabah setelah kredit dikucurkan. Dalam syarat-syarat yang diberikan oleh bank terhadap nasabah, adakalanya dipersyaratkan pemberian kredit tersebut harus disertai dengan pemberian jaminan kepada bank, Pemberian jaminan kepada bank dilakukan dengan pembebanan hak tanggungan pada obyek jaminan sebagai jaminan pelunasan utang. Sertifikat hak tanggungan ini merupakan legalitas bagi kreditur untuk melakukan eksekusi obyek hak tanggungan jika debitur melakukan wanprestasi, karena debitur mempunyai hak eksekutorial atas obyek hak tanggungan, pelelangan jaminan kredit macet merupakan salah satu jalan yang ditempuh oleh bank dalam penyelesaian kredit nasabah yang bermasalah, Pelelangan jaminan kredit macet merupakan salah satu jalan yang ditempuh oleh bank dalam penyelesaian kredit nasabah yang bermasalah. Adapun permasalahan yang di bahas oleh penulis adalah mengenai pelaksanaan lelang agunan oleh kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang malang terkait penentuan harga obyek agunan milik debitur, hambatan yang terjadi serta upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan lelang agunan milik debitur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis sosiologis dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi serta studi kepustakaan dari literature penunjang maupun pengidentifikasian terhadap pasal-pasal dalam peraturan perundang-undangan yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif, penelitian ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan lelang agunan oleh kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang malang terkait penentuan harga obyek agunan milik debitur. Berdasarkan hasil pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa perlindungan hokum dalam pelaksanaan lelang agunan, kantor pelayanan kekayaan Negara dan lelang malang memberikan perlindungan preventif dengan cara mewajibkan dan memeriksa persyaratan pengajuan lelang serta memberikan informasi kepada debitur terkait status obyek lelang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/112/051201561
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 May 2012 14:12
Last Modified: 22 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111216
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi.pdf]
Preview
Text
isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PEMBUKAAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
PEMBUKAAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item