Urgensi Berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan : Analisis Historis Hukum Mediasi di Pengadilan

Husay, Rezania Nurmala (2011) Urgensi Berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan : Analisis Historis Hukum Mediasi di Pengadilan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas urgensi berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan yang dianalisis dari sudut historis hukum mediasi di pengadilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan mengkaji urgensi berlakunya Perma tersebut melalui analisis historis hukum mediasi di pengadilan. Sejarah hukum merupakan konsekuensi adanya perubahan hukum positif. Sehingga dengan historis hukum melalui peristiwa-peristiwa dan peraturan perundang-undangan lebih tinggi yang melatarbelakangi diberlakukannya Perma tersebut, diperoleh urgensi atau alasan yuridis pentingnya Perma tersebut diberlakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif yang tidak bebas nilai tetapi sarat nilai karena berkaitan dengan tujuan hukum itu sendiri (rechtsidee) dengan mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan mengkaji untuk memecahkan masalah hukum secara kritis dan mendalam terhadap sumber bahan hukum yang dikaji. Melalui pendekatan normatif yaitu perundang-undangan (statute approach) dengan dibantu pendekatan historis (historical approach), seluruh bahan hukum yang diperoleh dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, bahwa urgensi berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 dianalisis dari sudut historis hukum mediasi di pengadilan adalah sebagai upaya penegakan asas hukum sederhana, cepat, dan biaya ringan; konsekuensi dari perubahan hukum positif melalui sejarah hukum; pemenuhan kebutuhan hukum masyarakat yang semakin berkembang seiring perkembangan zaman; dan manfaat dari mediasi itu sendiri. Sehingga melalui analisis historis terhadap aspek filosofis, yuridis, dan sosiologis, membuktikan pentingnya sejarah hukum untuk mengetahui urgensitas berlakunya Perma tersebut. Namun demikian walaupun urgen diberlakukan menjadi hukum positif, tetapi masih meninggalkan beberapa permasalahan yang menuntut untuk diadakan perubahan menuju perbaikan. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya pembaharuan hukum sebagai informasi dan latar belakang urgensi berlakunya Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2008 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan dengan memfokuskan pada analisis sejarah hukumnya. Sehingga dapat diketahui kadar kepentingan di dalamnya dengan diberlakukannya Perma ini. Terutama dengan sejarah hukum akan dapat memperdalam proses mempelajari hukum, sehingga dapat menambah wawasan hukum, khususnya kesiapan menghadapi penyelenggaraan profesi yuridis dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/78/051101836
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2011 10:03
Last Modified: 01 Apr 2022 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111177
[thumbnail of 051101836.pdf]
Preview
Text
051101836.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item