Peranan Ombudsman Daerah dalam Melaksanakan Pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah (Studi di Lembaga Ombudsman Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta)

Windyastuti, Avrilia (2011) Peranan Ombudsman Daerah dalam Melaksanakan Pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah (Studi di Lembaga Ombudsman Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai Peranan Ombudsman dalam Melaksanakan Pengawasan terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik Pemerintah Daerah. Hal ini dilatar belakangi oleh adanya persepsi dalam masyarakat bahwa berurusan dengan yang namanya birokrasi merupakan hal yang sangat merepotkan, berbelit-belit,tak jarang masyarakat harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mendapatkan pelayanan yang cepat, dan realitas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah jauh dari harapan masyarakat, Untuk itu Pemerintah mendirikan suatu lembaga pengawas yang mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh Pemerintah yang disebut dengan Ombudsman Daerah guna membantu mwujudkan tatanan pemerintahan daerah yang besih dan bebas dari KKN. Permasalahan yang diangkat oleh penulis adalah bagaimana peranan Ombudsman Daerah dalam melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah, kendala apa yang dihadapi oleh Ombudsman Daerah selama melaksanakan pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Prop. Yogyakarta serta bagaimana solusinya . Metode pendekatan yang dipakai dalam penulisan ini adalah yuridis sosiologis, yakni meninjau masalah yang dihadapi dari segi hukum yakni Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik kemudian dikaitkan dengan implementasinya dalam kehidupan masyarakat. Jenis data yang dipakai adalah data primer yakni data yang diperoleh secara labgsung dilapangan dan data sekunder yakni data yang diperoleh secara tidak langsung dilapangan. Metode pengumpulan data yaitu data primer dengan cara melakukan wawancara dan observasi, data sekunder dengan cara studi kepustakaan dari berbagai literature. Kemudian seluruh data yang diperoleh dianalisa secara deskriptif analisis Berdasarkan hasil penelitian, penulis mendapatkan jawaban atas permasalahan yang ada bahwa peranan Ombudsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah adalah mengawasi kinerja dari birokrasi pelayanan publik tersebut apabila ada penyalahgunaan wewenang dari birokrasi tersebut, mengusulkan kebijakan kepada pemerintah yang berkaitan dengan pelayanan publik, dan sebagai mediator bagi masyarakat dengan pemerintah apabila ada suatu kesenjangan. Sedangkan kendalanya antara lain dari masyarakat sendiri yang masih awam dengan keberadaan lembaga Ombudsman, dari pelapor sendiri yang kurang memahami kasusnya, dan dari birokrasi sendiri pelayanan publik, serta kendala yang paling utama berasal dari pemerintah sendiri, yakni minimnya alokasi dana yang diberikan kepada lembaga tersebut, sehingga kinerjanya belum maksimal karena dana yang diberikan jauh dari jumlah yang dibutuhkan. Menyikapi dari hal tersebut, maka penulis memberikan saran kepada Ombudsman Daerah untuk lebih meningkatkan kinerjanya dalam masyarakat dan semakin memihak kepada kepentingan masyarakat serta semakin transaparan dalam melaksanakan pengawasan, kemudian memperluas wewenangnya dengan melakukan pemeriksaan dan sidak di intansi-instansi guna mengantisipasi adanya maladaministrasi publik yang dapat merugikan Negara dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/70/051101548
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2011 08:46
Last Modified: 31 Mar 2022 07:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111169
[thumbnail of 051101548.pdf]
Preview
Text
051101548.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item