Perbandingan Sistem Pernyataan Pendaftaran dalam Rangka Penawaran Umum (Go Publik) Emiten di Indonesia dan Amerika Serikat

Kusumawardani, Fatimah (2011) Perbandingan Sistem Pernyataan Pendaftaran dalam Rangka Penawaran Umum (Go Publik) Emiten di Indonesia dan Amerika Serikat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Maraknya perusahaan yang ingin go publik untuk menggalang dana guna ekspansi usahanya, namun ternyata jumlah emiten yang go publik di Indonesia masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah emiten yang melakukan go publik di Amerika Serikat. Kedua negara yang berbeda sistem hukum satu sama lain tersebut, sama-sama menerapkan peraturan hukum yang mengatur tentang Initial Public offering (IPO) yang otoritasnya jika di Indonesia berada pada Bapepam dan di Amerika Serikat berada pada United States Security Exchange Commision. Salah satu tahapan dalam go publik yang tahapnya memang cukup panjang adalah ketika tahap pengajuan pendaftaran dalam rangka penawaran umum, yang pengaturannya tertuang dalam Undang-undang Pasar Modal Nomor 8 tahun 1995 di Indonesia dan United States Security Act 1933 untuk Amerika Serikat. Melihat begitu pentingnya sistem pernyataan pendaftaran yang tepat guna mendorong perusahaan-perusahaan untuk menggalang dana lewat go public, penulis perlu untuk memperbandingkan sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) yang ada di Indonesia dan di Amerika Serikat sehingga dapat ditarik benang merah akan sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) yang paling tepat diterapkan di Indonesia. Maka penulis memberikan rumusan permasalahan sebagai berikut: (1)Bagaimana perbandingan sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) di Indonesia dan di Amerika Serikat dan (2)Bagaimana sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) yang paling tepat diterapkan di Indonesia. Pembahasan skripsi ini menggunakan meode penelitian yuridis normatif, dengan menggunakan metode penelitian tersebut penulis mengkaji dan menganalisa permasalahan yang muncul dari penerapan ketentuan-ketentuan secara yuridis dan disesuaikan dengan asas-asas hukum yang berlaku secara normatif. Penulisan ini juga menggunakan Pendekatan Komparatif untuk menganalisa sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) emiten di Indonesia dan di Amerika Serikat serta menggunakan Pendekatan Perbandingan untuk menganalisa peraturan-peraturan hukum yang menyangkut sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) emiten di Indonesia dan di Amerika Serikat. Dari hasil analisa yang telah dilakukan penulis, dengan membandingkan sistem pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum (go publik) emiten di Indonesia dan Amerika Serikat, maka ditemukannya banyak kesamaan karena memang prinsip transparansi merupakan prinsip essensial dalam kegiatan Initial Public Offering (IPO), namun ditemukan pula beberapa perbedaan teknis. Sistem pernyataan pendaftaran yang paling tepat di Indonesia adalah sistem pernyataan pendaftaran yang telah berlaku saat ini yang diatur oleh Badan Pengawas Pasar Modal, berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/67/051101545
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2011 10:39
Last Modified: 31 Mar 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111164
[thumbnail of 051101545.pdf]
Preview
Text
051101545.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item