Pelaksanaan Pengawasan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Pariwisata Terhadap Perdagangan Daging Ayam Mati Kemarin (TIREN) Dalam Rangka Perlindungan Hukum Bagi Konsumen :Studi di Kota Madiun

Arnany, Swasti Dian (2011) Pelaksanaan Pengawasan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Pariwisata Terhadap Perdagangan Daging Ayam Mati Kemarin (TIREN) Dalam Rangka Perlindungan Hukum Bagi Konsumen :Studi di Kota Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan ini, membahas mengenai masalah Pelaksanaan Pengawasan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata Kota Madiun terhadap perdagangan daging ayam mati kemarin (tiren). Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya daging ayam tiren yang beredar di konsumen/masyarakat. Tugas dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata (Disperindagkoppar) Kota Madiun untuk melakukan perlindungan konsumen dari perdagangan barang dan jasa yang merugikan konsumen. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pelaksanaan pengawasan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Pariwisata Kota Madiun, kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah perdagangan daging ayam mati kemarin. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dan melakukan penelitian kota Madiun karena di Kota madiun terjadi kasus perdagangan daging ayam mati kemarin. Dari hasil analisis yang dilakukan maka dapat diketahui bahwa pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Disperindagkoppar adalah dengan melakukan dua macam pengawasan yaitu pengawasan berkala dan pengawasan khusus. Kendala yang dialami adalah Kurangnya pemahaman substansi UUPK oleh Disperindagkoppar Kota Madiun, kurangnya sumberdaya aparatur yang berkualitas, terbatasnya dana dari pemerintah, Rendahnya pengetahuan konsumen akan hak, kewajibannya dan substansi UUPK serta faktor ekonomi masyarakat, Sulitnya menemukan pelaku dan asal barang Rendahnya pengetahuan pelaku usaha akan hak, kewajiban dan substansi dari UUPK, dan lemahnya koordinasi dengan instansi lain di Kota Madiun. Menyikapi fakta-fakta tersebut, sebagai upaya untuk mengatasi hal itu dilakukan pemahaman akan substansi UUPK kepada pegawai Disperindagkoppar, Mengajukan usulan kepada Departemen Perdagangan dan melakukan koordinasi karena kurangnya sumberdaya aparatur yang berkualitas, Mengajukan usulan anggaran dana dan mengoptimalkan kinerja pegawai, Melakukan Sosialisasi Kepada Konsumen akan hak, kewajibannya dan substansi UUPK, Melakukan pengawasan, pembinaan dan sosialisasi kepada Pelaku Usaha akan hak, kewajibannya dan substansi UUPK yang berkaitan dengan peredaran ayam tiren, Bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota lain untuk menemukan pelaku dan asal barang daging ayam tiren dari luar Kota Madiun, Melakukan koordinasi satu sama lain dengan Dinas yang terkait. Saran dari penulisan skripsi ini adalah Bagi Disperindagkoppar Kota Madiun hendaknya intensif melakukan operasi dan pengawasan di pusat penjualan pangan, bagi konsumen/masyarakat untuk lebih berhati-hati serta memperhatikan hak dan kewajibannya dalam mengkonsumsi suatu produk, bagi Pelaku Usaha untuk lebih mementingkan prioritas konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/52/051101534
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2011 10:52
Last Modified: 31 Mar 2022 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111149
[thumbnail of 051101534.pdf]
Preview
Text
051101534.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item