Modus Operandi Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Istri : Studi di Polres Jombang dan Women’s Cresis Center Jombang

Wicaksono, Faikar Agung (2011) Modus Operandi Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Istri : Studi di Polres Jombang dan Women’s Cresis Center Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Modus Operandi Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Istri. Hal ini dilatar belakangi oleh fenomena banyaknya korban dari kekerasan dalam rumah tangga adalah seorang istri yang pelakunya tidak lain adalah suami mereka sendiri. Kekerasan terhadap istri memiliki bentuk kekerasannya yang tidak berdiri sendiri, melainkan berganda atau berlapis. Kekerasan ganda ini biasanya menyerang fisik dan juga psikis dari istri, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya kekerasan lainnya. Permasalahan yang diangkat pada skripsi ini adalah modus operandi kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri dan upaya Polres Jombang dalam melakukan penanggulangan terhadap kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri. Tujuan pengangkatan permasalahan tersebut adalah untuk mengetahui modus operandi kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri serta mengetahui upaya yang dilakukan oleh Polres Jombang dalam menangani fenomena tersebut. Metode pendekatan yang digunakan penulis adalah yuridis sosiologis. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi peraturan perundangan yang terkait dengan permasalahan kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri, yaitu UU No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Kemudian menganalisis penerapan undang-undang tersebut dikehidupan masyarakat terkait pola-pola yang menjadi modus kekerasan serta meninjau peranan sebuah LSM dan juga Kepolisian didalam menangani timbulnya kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni menyajikan dan menafsirkan fakta secara sistematik sehingga dapat lebih mudah dipahami dan disimpulkan menjadi suatu hasil yang dapat digunakan oleh Penulis untuk mendapat data yang diperlukan. Pada penelitian ini didapatkan bahwa kekerasan dalam rumah tangga terhadap istri memiliki kesamaan pola dan cara pada proses terjadinya kekerasan yang kemudian oleh penulis diklasifikasikan dalam beberapa model modus operandi kekerasan. Sehingga dapat diketahui dua bentuk dasar modus operandi kekerasan yang diterima ole istri, yaitu kekerasan yang menyerang tubuh dan nyawa serta kekerasan yang menyerang kejiwaan. Diketahui pula upaya yang diambil oleh unit PPA Polres Jombang dalam menanggulangi adanya kekerasan terhadap istri yaitu berupa tindakan Pencegahan (Preventif) dan tidakan Penanggulangan (Represif). Sehingga berdasarkan beberapa hal tersebut hendaknya pihak kepolisian maupun pihak Women’s Cresis Center berani melakukan pendekatan-pendekatan secara personal baik itu terhadap pelaku kekerasan (suami) ataupun kepada korban (istri). Penyediaan prasarana juga dirasa dibutuhkan untuk menunjang tindakan penanggulangan. Seperti penyediaan selter (rumah aman) bagi para korban kekerasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/37/051101519
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2011 09:17
Last Modified: 31 Mar 2022 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111123
[thumbnail of 051101519.pdf]
Preview
Text
051101519.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item