Peranan Polri di dalam Mengatasi Kepemilikan Senjata Api Illegal di Masyarakat Daerah Konflik Poso (Studi di Polres Poso)

Thoricky, Fahd (2011) Peranan Polri di dalam Mengatasi Kepemilikan Senjata Api Illegal di Masyarakat Daerah Konflik Poso (Studi di Polres Poso). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah kepemilikan senjata api ilegal di masyarakat daerah konflik Poso serta peranan Polri mengatasinya. Hal ini dilatarbelakangi dengan keberadaan Poso yang merupakan daerah bekas konflik bersenjata sehingga di daerah tersebut kekerasan dengan menggunakan senjata api masih sering ditemui. Oleh karena itu peranan Polri di dalam mengatasinya menjadi kajian utama di dalam penelitian ini. Dalam upaya mengetahui dan menganalisa tentang peranan Polri di dalam mengatasi kepemilikan senjata api ilegal di masyarakat daerah konflik Poso beserta ketentuan aturan-aturan yang mendasarinya, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang menekankan pada ilmu hukum dengan tetap melakukan kajia dan penelaahan kaidah-kaidah yang berlaku pada masyarakat, kemudian seluruh data yang ada di analisa secara deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Modus Operandi kepemilikan senjata api Illegal di masyarakat Poso adalah : melalui pasokan dari luar negeri,melalui pasokan dari dalam negeri, melalui produksi senjata rakitan sendiri. Kendala POLRI didalam mengatasi peredaran dan kepemilikan senjata api illegal di masyarakat Poso adalah: masyarakat daerah Poso masih belum dapat mempercayai Aparat keamanan untuk memberikan perlindungan kepada mereka apabila ada serangan dari pihak lawan. masyarakat daerah Poso masih berpendapat bahwasanya lebih baik membunuh daripada mati terbunuh, dengan demikian mereka berusaha untuk memiliki senjata api agar terlindungi dari lawannya. kurangnya personel yang dimiliki oleh Aparat Polres Poso apabila dibandingkan dengan luas wilayah atau banyaknya masyarakat yang terlibat konflik sangat kurang, sehingga kinerjanya tidak maksimal. adanya penyelundupan senjata dari dalam maupun luar negeri yang memberikan pasokan terhadap masyarakat Poso yang bertikai. adanya Pulau-pulau yang menyebabkan banyaknya titik pelabuhan yang dimiliki oleh penyelundup untuk mencari celah menyelundupkan senjata ke Poso. Upaya POLRI untuk mengatasi kendala di dalam penanganan peredaran dan kepemilikan senjata api illegal di masyarakat Poso, melalui upaya preventif dan represif, upaya preventif yang dimaksud adalah mencegah agar tidak terjadi kejahatan dengan mengawasi daerah-daerah rawan, memberikan penyuluhan-penyuluhan dan meningkatkan kinerjanya demi mendapatkan kepercayaan masyarakat sehingga masyarakat kembali mempercayakan penyelesaian masalah kepada mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/351/051203352
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Oct 2012 15:07
Last Modified: 31 Mar 2022 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111118
[thumbnail of 051203352.pdf]
Preview
Text
051203352.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item