Kendala Lembaga Women’s Crisis Center Didalam memberikan Pelayanan Terhadap Perempuan Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga

hardhani, Elok Ismu (2011) Kendala Lembaga Women’s Crisis Center Didalam memberikan Pelayanan Terhadap Perempuan Sebagai Korban Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah kendala yang dihadapi oleh lembaga Women’s Crisis Center(WCC) didalam memberikan pelayanan terhadap perempuan sebagai korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga yang terjadi akhir-akhir ini, terutama yang sedang ditangani oleh lembaga WCC. Dalam pemberian penanganannya WCC mengalami banyak kendala, yaitu antara lain; hilangnya luka fisik korban, kendala pada kasus kekerasan ekonomi, kendala jika pelaku adalah elite politik, ideologi patriarki yang melahirkan ketimpangan gender, dan kendala pada penegakan hukum. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis dengan data yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara serta studi kepustakaan dari literatur penunjang maupun pengidentifikasian terhadap pasalpasal dalam peraturan perundang-undangan yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Analisa data dilakukan secara diskriptif analitis untuk data primer, sedangkan data sekunder menggunakan metode analisis isi. Dalam skripsi ini juga memberikan penjelasan mengenai upaya yang dilakukan oleh Lembaga WCC dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Upaya-upaya tersebut antara lain dengan; mencari alat bukti yang sah lainnya, meningkatkan pengetahuan dan kemampuan perempuan dalam peningkatan kemandirian, penanganan jika pelaku adalah elite politik, menumbuhkan kesadaran dan kepekaan akan keadilan gender di masyarakat, dan yang terakhir adalah memberikan pendidikan profesionalisme bagi penegak hukum dan melakukan revisi Pasal UU PKDRT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/35/051101517
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2011 09:45
Last Modified: 30 Mar 2022 07:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111116
[thumbnail of 051101517.pdf]
Preview
Text
051101517.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item