Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penistaan Agama Islam (studi di PN Kepanjen Kab Malang).

Wiranata, TriSutrisna and Prof.Masruchin Ruba’i,, SH. MS. and Setiawan Nurdayasakti, SH. MH (2012) Pertimbangan Hakim Dalam Menjatuhkan Pidana Terhadap Pelaku Tindak Pidana Penistaan Agama Islam (studi di PN Kepanjen Kab Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini, dibahas mengenai dasar pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap perkara tindak pidana penistaan agama islam (studi di Pengadilan Negeri Kepanjen Malang). Yang melatar belakangi penulis mengambil judul ini adalah karena di Indonesia sering terjadi konflik terutama yang berkaitan dengan agama. Seperti yang tidak lama kita dengar yakni konflik yang terjadi dikota ambon. Dimana dalam konflik tersebut melibatkan dua agama yang berbeda yakni antara pemeluk agama islam dengan pemeluk agama kristen. Adapun contoh lain yakni yang terjadi di temanggung pada beberapa waktu yang lalu namun disini berbeda dengan kasus yang terjadi di kota ambon, dimana dalam konflik ini melibatkan antar sesama pemeluk agama akan tetapi yang menjadi pemicunya adalah perbedaan keyakinan. Di Indonesia sering kita jumpai adanya konflik, terutama yang berkaitan dengan agama. Mengapa demikian ? Hal ini tidak lain disebabkan karena seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar penduduk indonesia hanya mempunyai latar belakang pendidikan yang rendah sehingga dari sinilah pemicu awal yang berupa profokasi dapat dengan mudah masuk dan kemudian menimbulkan konflik. Di Malang sendiri, sebetulnya juga pernah terjadi kasus penistaan agama yakni yang dilakukan oleh KH Yusman Roy. D imana dalam kasus ini berawal dari sebuah penafsiran terhadap ayat suci Al-Qur’an yang kemudian Sdr Yusman Roy melakukan sholat lima waktu dengan menggunakan dua bahasa yakni bahasa sholat yang kemudian diikuti dengan terjemahannya yakni bahasa indonesia. Nah, dari penafsiran itulah kemudian menimbulkan sebuah konflik karena apa yang dilakukan oleh Sdr Yusman Roy berbeda dengan keyakinan umat Muslim lainnya. Namun demikian didalam penulisan skripsi ini penulis memilih penelitian mengenai kasus dari Sdr KH Yusman Roy. Alasan penulis memilih kasus ini yakni karena letak posisi kasus tersebut berdekatan dengan letak studi dari penulis yakni di kota malang, dimana tentu saja akan memudahkan penulis dalam melakukan penelitiannya. Kemudian dalam penulisan ini penulis ingin mengetahui tentang bagaimana cara hakim dalam menangani perkara tindak pidana penistaan agama yang kemudian akan diterangkan secara terperinci dan dituangkan dalam skripsi ini. Dari pembahasan tersebut penulis menyimpulkan bahwa faktor-faktor yang dapat digunakan oleh hakim dalam memutus sebuah perkara tindak pidana penistaan agama ini adalah berdasarkan pada fakta dan dasar hukumnya, sedangkan dalam memberikan sanksi pidananya hakim melihat dari faktor yang memberatkan dan meringankan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/341/051201245
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Apr 2012 10:26
Last Modified: 30 Mar 2022 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111106
[thumbnail of bab_3.pdf]
Preview
Text
bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of covere.pdf]
Preview
Text
covere.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_2.pdf]
Preview
Text
bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.pdf]
Preview
Text
bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_4.pdf]
Preview
Text
bab_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of abstraksi.pdf]
Preview
Text
abstraksi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item