Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Pidana Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana (Studi Putusan Hakim No.123/Pid.B.A/2011/PN Kdr),

Habsari, LindaTri and Abdul Madjid,, SH. MHum; and Paham Triyoso,, SH. MHum. (2012) Dasar Pertimbangan Hakim Dalam Penjatuhan Pidana Terhadap Anak Pelaku Tindak Pidana (Studi Putusan Hakim No.123/Pid.B.A/2011/PN Kdr),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah tindak pidana persetubuhan yang dilakukan oleh anak di bawah umur dengan mengkaji Putusan Pengadilan Negeri kota Kediri N0.123/Pid.B.A/2011/PN.Kdr.Tindak pidana persetubuhan yang dilakukan oleh anak dibawah umur dilatarbelakangi oleh pengaruh lingkungan yang negatif dan kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak, sehingga dapat menimbulkan perilaku anak yang menyimpang yang dapat menimbulkan kerugian bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian hukum yuridis normatif dengan mengkaji sistematika hukum mengadakan identifikasi terhadap pengertian pokok dalam hukum seperti subjek hukum, hak, dan kewajiban peristiwa hukum dalam peraturan perundang-undangan tentang anak. Jenis data yang digunakan yaitu sumber bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Prosedur pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan. Kemudian seluruh data yang ada di analisis secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada. Putusan majelis Hakim berdasarkan Putusan pengadilan Negeri Kota Kediri No.123/Pid.B.A/2011/PN.Kdr terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Persetubuhan oleh anak dibawah usia berdasarkan pasal 81 ayat 2 undang-undang No.23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Terdakwa di jatuhi hukuman semaksimal mungkin dengan pertimbangan terdak masi anak-anak. Menyikapi fakta-fakta tersebut diatas Putusan Majelis Hakim sudah tepat. Dengan mempertimbangkan fakta-fakta yang ada. Pemidanaan terhadap anak di bawah umur dimaksudkan untuk menimbulan efek jera, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kejahatan yang terjadi pada anak di bawah umuryan akhir-akhir ini banyak terjadi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/330/051200623
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Apr 2012 13:51
Last Modified: 30 Mar 2022 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111094
[thumbnail of Bab_I,II,III._01pdf.pdf]
Preview
Text
Bab_I,II,III._01pdf.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SAMPUL.pdf]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item