Efektifitas Penerapan Pasal 5 dan 32 Undang-Undang No.3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan (Studi di Disperindagkop Kota Bogor)

Aditya, Rezha (2011) Efektifitas Penerapan Pasal 5 dan 32 Undang-Undang No.3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan (Studi di Disperindagkop Kota Bogor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian mengenai efektifitas penerapan Wajib Daftar Perusahaan di Kota Bogor dilakukan di Disperindagkop dan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu serta terhadap sejumlah pengusaha yang ada di Kota Bogor. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya pengusaha yang belum melaksanakan Daftar Perusahaan, padahal hal tersebut merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap oran yang menjalankan perusahaan, kewajiban ini terdapat dalam pasal 5 ayat (1) UU No.3 tahun 1982. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan pasal 5 dan 32 UU Wajib Daftar Perusahaan serta mengetahui kendala-kendala yang menyebabkan pengusaha belum atau tidak mendaftarkan perusahaannya. Sedangkan manfaat dari penulisan ini adalah dapat memotivasi pengusaha agar sadar terhadap peraturan dan pemerintah dapat mengambil kebijakan yang tepat di bidang perindustrian sehingga tercipta persaingan yang sehat di kalangan usaha. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis sedangkan pengumpulan data-data dan informasi didapat dari wawancara dengan Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop dan Kepala Bidang Pelayanan Perizinan BPPT, maupun terhadap pengusaha yang ada di Kota Bogor serta dari literatur yang ada di perpustakaan, kemudian dari data yang sudah terkumpul maka dianalisis menggunakan metode pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif analitis. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pasal 5 dan 32 UU No.3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan belum efektif dilaksanakan karena masih banyak pengusaha yang tidak melakukan daftar perusahaan dengan mayoritas pengusaha beralasan karena tidak diterapkan sanksi maka mereka tidak takut melanggar peraturan. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa sanksi belum diterapkan secara tegas karena masih dalam tahap pembinaan serta menjaga iklim usaha yang kondusf di Kota Bogor agar banyak investor yang menanam modal di Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/294/051104920
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Jan 2012 09:58
Last Modified: 30 Mar 2022 00:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111054
[thumbnail of 051104920.pdf]
Preview
Text
051104920.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item