Penyelesaian Sengketa Perbuatan Melawan Hukum Perdata Secara Non Ligitasi (Studi Kasus Hambatan di Kantor Advokat Soehartono Soemarto dan Rekan)

Ika, RiaRose (2011) Penyelesaian Sengketa Perbuatan Melawan Hukum Perdata Secara Non Ligitasi (Studi Kasus Hambatan di Kantor Advokat Soehartono Soemarto dan Rekan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis membahas mengenai Penyelesaian Sengketa Pebuatan Melawan Hukum Secara Non Litigasi, hal ini dilatarbelakangi berkembangnya dinamika kehidupan bermasyarakat yang mengakibatkan semakin banyaknya sengketa-sengketa antar individu atau kelompok yang bersifat keperdataan, yang mana berbagai macam sengketa tersebut tentunya harus diselesaikan sebelum menimbulkan kerugian yang lebih besar lagi. Banyak pihak yang mengeluh bahwa penyelesaian sengketa melalui jalur hukum(litigasi) dirasa tidak efektif serta tidak mencerminkan asas peradilan yang cepat,sederhana, dan biaya ringan, karenanya penyelesaian sengketa secara non litigasi yang menjadi pilihan utama, yang bertujuan menyelesaikan sengketa secara damai, namun demikian, perdamaian yang didambakan dalam penyelesaian sengketa secara non litigasi tidak mudah ditemukan, dalam arti selama upaya penyelesaian non litigasi ditempuh, para pihak banyak menghadapi hambatanhambatan. Guna memaksimalkan hasil yang ingin dicapai, maka penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris dan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, dengan melakukan observasi, interview dan library research di lokasi penelitian. Rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan skripsi ini yaitu mencari dan menemukan hambatan serta upaya mengatasi hambatan penyelesaian sengketa secara non litigasi tersebut, penelitian ini dilakukan di Kantor Advokat Soehartono Soemarto dan Rekan, mengingat lokasi penelitian tersebut banyak menangani sengketa-sengketa keperdataan yang penyelesaiannya sangat mengutamakan jalur non litigasi, dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh jawaban dan membahas permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan penyelesaian sengketa perbuatan melawan hukum melalui cara non litigasi, adalah hambatan bersifat yuridis yaitu berasal dari ketentuan perundang-undangan, dan hambatan bersifat non yuridis yaitu berasal dari pihak-pihak yang terkait dengan sengketa perbuatan melawan hukum yang akan diselesaikan secara non litigasi, setelah hambatan tersebut ditemukan, dibahas pula upaya yang dapat ditempuh untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Untuk menutup skripsi ini, maka penulis membuat kesimpulan dari hasil penelitian dan memberikan saran yang dapat diterapkan oleh lokasi penelitian, masyarakat, pemerintah, dan pengadilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/284/051104833
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2012 14:33
Last Modified: 01 Feb 2012 14:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111043
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item