Efektifitas Pasal 3 PP Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri (Studi Guru SD di Dinas Pendidikan Kota Malang)

Fariz, Muhammad (2011) Efektifitas Pasal 3 PP Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri (Studi Guru SD di Dinas Pendidikan Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai Efektifitas Pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Di dinas pendidikan.Pelaksanaan Efektifitas pasal 3 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010tersebut bertujuan untuk menegakkan disiplin yang telah dilanggar oleh para Pegawai Negeri menjadi agar Pegawai Negeri tersebut bisa disiplin. Di dalam Teori Lawrance M Friedman menyebutkan bahwa dalam penegakan (efektivitas) suatu hukum memang ada 3 unsur yang harus dipenuhi sesuai dengan ilmu hukum yaitu: Legal Substance (Substansi Hukum), Legal Structure (Struktur Hukum), Legal Culture (Budaya Hukum). Selain itu Dinas Pendidikan Kota Malang merupakan suatu Dinas yang mengatur sistem Pendidikan Kota Malang di bawah bimbingan Kementrian Pendidkan Nasional Indonesia. Dinas Pendidikan Kota Malang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Malang mengeluarkan suatu Peraturan Pemerintah untuk mengatur suatu Disiplin Pegawai Negeri. Metode pendekatan yang dipakai adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu penelitian yang didasarkan pada peraturan perundang-undangan yang ada dikaitkan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Lokasi yang saya ambil di Kota Malang, karena Kota Malang merupakan Kota Pendidikan, Jenis data yang saya gunakan ialah primer(adalah data yang diperoleh secara langsung baik melalui wawancara maupun memberikan daftar pertanyaan secara tertulis kepada responden ) dan sekunder(data yang diperoleh melalui analisis peraturan perundang-undangan), Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai/stafDinas Pendidikan Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah Guru dan pegawai/staf Dinas Pendidikan Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ,penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada ,bahwa Efektifitas Pasal 3 PP Nomor 53 Tahun 2010bertujuan untuk menegakkan serta mendisiplinkan pegawai negeri di Dinas Pendidikan. Disamping itu dalam pelaksanaan Efektifitas Pasal 3 PP Nomor 53 Tahun 2010 terdapat suatu hambatan dalam pelaksanaan Disiplin Pegawai Negeri adalah Kurangnya pemahaman terhadap peraturan perundang-undangan akan berakibat menurunnya kesadaran untuk melaksanakan semua tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya, serta Kurangnya motivasi bagi setiap Pegawai Negeri Sipil tentu tidak akan menghasilkan sistem pola kerja yang baik.Upaya yang diakukan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam mengatasi hambatan dengan Melakukan Sosialisai Peraturan Perundang-Undangan, Mengadakan pembinaan guru-guru Sekolah Dasar berkala dan berkesinambungan, serta Melaksanakan supervise ke sekolah-sekolah (Sekolah Dasar).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/276/051104793
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Feb 2012 09:43
Last Modified: 29 Mar 2022 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111034
[thumbnail of 051104793.pdf]
Preview
Text
051104793.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item